Jakarta (ANTARA) - Hindia akhirnya secara resmi melengkapi album terbarunya dengan merilis "Lagipula Hidup akan Berakhir (Bagian II)" yang saat ini sudah dapat dinikmati para penggemarnya.

Album Hindia itu menyempurnakan "Lagipula Hidup akan Berakhir (Bagian I)" yang sudah lebih dulu dilepas pada 7 Juli 2023. Kehadiran album bagian kedua itu juga menandai perilisan secara utuh dari "Lagipula Hidup akan Berakhir" dalam bentuk CD ganda yang total berisi 28 lagu.

“Selalu ada yang bisa dibawa ketawa. Enggak selamanya harus sedih kalau ketemu keadaan yang kelam. Tergantung melihatnya seperti apa,” kata Hindia merangkum keseluruhan bagian dua dari "Lagipula Hidup akan Berakhir", dalam keterangan pers, Jumat.

Baca juga: Hindia sebut album “Lagipula Hidup Akan Berakhir” capaian hidup

Hindia, yang memiliki nama asli Baskara Putra, pada paruh kedua album mengajak pendengarnya untuk lebih bijak menggunakan media sosial dengan “Forgot Password”, sebuah duet syahdu bersama Nadin Amizah.

Hindia juga berkutat dengan rasa kurang percaya diri terhadap penampilan sendiri pada lagu “Perkara Tubuh”, meminta maaf kepada keponakan dan generasinya atas beban yang harus mereka pikul akibat kelalaian para pendahulunya melalui “Alexandra”, merayakan cinta di hadapan segudang cobaan pada “Bayangkan Jika Kita Tidak Menyerah”, serta memberanikan diri untuk lepas dari jeratan pekerjaan yang menjemukan pada “Berdansalah, Karir Ini Tak Ada Artinya”. Menertawakan diri sendiri pun sah-sah saja, seperti yang dilakukan Hindia pada “Nabi Palsu”.

Hindia juga kembali menghadirkan Enrico Octaviano sebagai produser utama dengan dua lagu yang digarap bersama Kareem Soenharjo. Lalu ada juga Kamga yang berperan besar pada bidang vokal, baik sebagai vokalis latar maupun sebagai pengarah vokal.

Selain Nadin Amizah, hadir pula berbagai kolaborator ternama seperti Teddy Adhitya dan Rendy Pandugo yang masing- masing menyumbang vokal dan gitar pada lagu “Jangan Jadi Pahlawan”, Rayhan Noor dan Petra Sihombing yang masing-masing mengisi gitar pada “Kita ke Sana” dan “Berdansalah, Karir Ini Tak Ada Artinya”.

Baca juga: Hindia siap lepas album kedua bagian pertama pada 7 Juli

Tak ketinggalan lakon antara Iyas Lawrence dan Kristo Immanuel ikut melengkapi di "Wawancara Liar Pt. III” dan “Wawancara Liar Pt. IV”, dua segmen yang memberi konteks menggambarkan pihak yang bertanggung jawab dalam masalah-masalah yang dibahas sepanjang "Lagipula Hidup akan Berakhir".

Dengan dirilisnya Lagipula Hidup akan Berakhir secara utuh, maka tuntas sudah misi Hindia dalam menyampaikan semua hal mengganjal di batinnya selama beberapa tahun terakhir.

“Ada lega yang diangkat dari leher dan pundak saya. Harapan saya dengan bikin lagu sebanyak ini adalah semoga enggak perlu menulis album lagi," kata dia

Meski begitu, dia tak menutup kemungkinan untuk menghadirkan album lainnya meski tidak dalam waktu dekat.

Baca juga: Lomba Sihir segera rilis lagu terbaru "Ribuan Memori"

Baca juga: HMGNC lepas "Heart to Feel" tentang pendewasaan berbagai perasaan

Baca juga: Rahara gandeng Natasha Udu bawakan riang "I Love Us"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023