Gelombang tinggi dengan ketinggian 4 meter hingga 6 meter yang berpotensi terjadi perairan timur Pulau Enggano dan Samudera Hindia barat Bengkulu
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi dan angin kencang dalam beberapa hari ke depan.
 
"BMKG Bengkulu mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah perairan Bengkulu," kata Kepala Seksi Data Informasi BMKG Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar di Kota Bengkulu, Jumat.

Ia menjelaskan,  gelombang tinggi dengan ketinggian 4 meter hingga 6 meter yang berpotensi terjadi perairan timur Pulau Enggano dan Samudera Hindia barat Bengkulu.
 
Sedangkan kondisi angin secara umum diprakirakan bertiup dari arah tenggara menuju selatan Bengkulu dengan kecepatan mencapai 25 knots.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 4-5 meter berpeluang terjadi di selatan NTT
 
Kemudian untuk kondisi cuaca secara umum diprakirakan berawan serta hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
Terdapat beberapa wilayah, seperti Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu dan Kabupaten Seluma berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.
 
Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat di sejumlah wilayah.
 
Anang mengingatkan perahu nelayan waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1,25 meter, kapal tongkang waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1,50 meter.

Baca juga: Basarnas cari nelayan hilang akibat tenggelam di Pantai Jetis Cilacap
 
Selanjutnya kapal ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2,50 meter dan kapal dengan ukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4,00 meter.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi agar seluruh nelayan dan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca buruk khususnya gelombang tinggi yang diperkirakan akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan.
 
"Kepada masyarakat, khususnya nelayan untuk selalu berhati-hati karena kondisi ekstrem di Kota Bengkulu" ujar dia.
 
Hal tersebut dilakukan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan saat nelayan mencari ikan di laut dan meminta agar masyarakat juga waspada saat berada di pinggir laut atau pantai dengan tidak mandi di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga: BMKG minta nelayan waspadai gelombang laut hingga enam meter di Bali
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023