Jakarta (ANTARA) - Samsung baru-baru ini meluncurkan dua ponsel teranyarnya di Indonesia, yakni Galaxy A14 dan A34 5G Enterprise Edition, yang dilengkapi fitur keamanan lebih baik, dan didedikasikan untuk pelaku bisnis termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Melalui perangkat Enterprise Edition itu, pengguna akan mendapatkan keuntungan berupa Security Maintenance Release selama empat tahun untuk perpanjangan upgrade OS dan perlindungan dari ancaman keamanan siber, dan product lifecycle selama 2 tahun untuk kelangsungan bisnis.

Samsung juga memberikan perpanjangan garansi satu tahun, dan setahun layanan keamanan Knox Suite untuk mengamankan, menjalankan, dan mengelola seluruh perangkat mobile perusahaan.

Samsung Galaxy A14 Enterprise Edition dan Galaxy A34 5G Enterprise Edition diklaim cocok digunakan oleh staf perusahaan di bidang penjualan, operasional, IT, pengawas gudang, maupun surveyor, untuk keperluan otomatisasi tenaga penjualan, operasional harian, maupun pemantauan.

"Mulai dari keamanan yang kuat untuk menggerakkan bisnis Anda, set up yang simpel, pengelolaan perangkat yang komprehensif, dan analisis yang mendalam untuk memberikan visibilitas yang lengkap pada semua perangkat Anda, sebuah solusi lengkap yang Anda butuhkan untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda," kata MX B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Lukman Basuki, dalam siaran persnya, Jumat.

Baca juga: Samsung Galaxy A14 resmi dirilis, spek mumpuni harga dua jutaan

Merujuk pada laporan 2022, Badan Keamanan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menemukan bahwa 399 dugaan insiden siber berupa kebocoran data, kerentanan, malicious activity, malware, phishing, ransomware, dan web defacement.

Untuk itulah Samsung berkomitmen memberikan layanan Security Maintenance Release empat tahun untuk perusahaan yang menggunakan Galaxy A14 Enterprise Edition dan Galaxy A34 5G Enterprise Edition. Dengan software update dan rilis security patches yang teratur dan tepat waktu, perusahaan akan lebih terlindungi dari berbagai ancaman keamanan mobile.

Untuk kemudahan pemantauan pembaruan keamanan, Samsung menyediakan transparansi kepada pengguna Galaxy A14 LTE Enterprise Edition dan Galaxy A34 5G Enterprise Edition melalui Enterprise Edition Dashboard. Dashboard itu akan menampilkan perangkat-perangkat yang digunakan dan lisensinya.

Lalu, dashboard juga akan menampilkan jadwal dan riwayat security update yang sudah dirilis untuk perangkat enterprise edition.

Pengelolaan perangkat mobile untuk kebutuhan perusahaan tidak harus rumit. Galaxy A14 LTE Enterprise Edition dan Galaxy A34 5G Enterprise Edition dilengkapi dengan lisensi satu tahun untuk menggunakan Samsung Knox Suite, seperangkat tools lengkap untuk mengamankan, menerapkan, mengelola, dan menganalisis seluruh perangkat mobile di perusahaan.

Baca juga: Malas jalan, "ngabuburit" game aja dengan Samsung Galaxy A34 5G

Dengan keamanan setingkat militer, Knox Suite menggabungkan fitur dan kontrol keamanan canggih dari Knox Platform for Enterprise, bersama dengan layanan berbasis cloud seperti Knox Mobile Enrollment, Knox Manage, dan Knox E-FOTA.

Samsung Galaxy A14 Enterprise Edition dan Galaxy A34 5G Enterprise Edition dirancang dengan fitur-fitur untuk mendukung aktivitas perusahaan.

Galaxy A14 Enterprise Edition memiliki layar 6,6 inci beresolusi FHD+ dengan formasi triple camera belakang 50MP, 5MP, dan 2MP, serta kamera depan 13MP. Ponsel ini juga diperkuat prosesor Exynos 850 Octa Core 2GHz, baterai 5.000mAh yang mendukung fast-charging 15W, RAM 4GB dan internal storage 128GB.

Sementara itu Galaxy A34 5G Enterprise Edition bekerja di jaringan 5G. Ponsel itu menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 120Hz untuk scrolling dan navigasi yang lebih lancar.

Performa Galaxy A34 5G ditopang prosesor Dimensity 1080 Octa Core up to 2,6GHz, baterai 5.000mAh dengan dukungan fast-charging 25W, dan memori RAM 8GB dan internal storage 128GB. Ponsel ini memakai formasi triple camera belakang 48MP dengan OIS untuk foto yang lebih stabil, 8MP, dan 5MP, serta kamera depan 13MP.

Galaxy A14 Enterprise Edition tersedia dengan harga Rp2,599 juta, sementara Galaxy A34 5G Enterprise Edition Rp5,199 juta.

Baca juga: Samsung Indonesia luncurkan varian warna baru Galaxy S21 FE 5G

Baca juga: Xiaomi luncurkan Redmi Note 12 Series ramaikan bursa ponsel Tanah Air

Baca juga: Sekilas spesifikasi realme 11 Pro 5G, pesaing Samsung Galaxy A54

Pewarta: Suryanto
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023