Jakarta (ANTARA) - Pegolf tuan rumah Tommy Fleetwood memimpin klasemen hari pertama British Open yang dimainkan di Royal Liverpool Course, Hoylake, Inggris, dengan skor 5 under par 66, bersama Christo Lamprecht dan Emiliano Grillo, Kamis (20/7) waktu setempat.

Pegolf peringkat satu dunia Scottie Scheffler dan juara lima turnamen utama Brooks Koepka tertinggal satu pukulan, sedangkan Rory McIlroy mengamankan par pada hole ke-18 untuk mengakhiri hari dengan tertinggal lima pukulan dari para pemuncak klasemen, demikian dikutip dari laman resmi the open.

Fleetwood yang tumbuh besar di Southport yang berjarak 48 kilometer dari lapangan tersebut memperbesar peluang untuk mendapatkan gelar utama pertamanya dengan catatan tiga birdie beruntun antara hole ke-14 sampai 16.

"Jika Anda tidak menikmati hal ini dan pengalaman ini, apa artinya? Yakinkan diri Anda bahwa Anda memiliki masa-masa terbaik dalam hidup di sini, karena ini sangat istimewa," kata Fleetwood seperti dikutip dari AFP.

Lamprecht juga tampil bagus pada debutnya di turnamen utama setelah mendapatkan tempat berkat kemenangan di Amateur Championship di Hillside Course pada bulan lalu.

Pria 22 tahun itu memaksimalkan tinggi badan dan panjang jangkauan tangannya untuk mengukir catatan positif di Royal Liverpool Course.

"Saya mendapatkan tiket ke sini. Menurut saya cara bermain saya hari ini membuat saya layak berada di bagian atas klasemen sementara, seperti yang terjadi sekarang ini," kata Lamprecht seperti dikutip AFP..

Baca juga: Turnamen golf Indonesia Open 2023 siap bergulir di Pondok Indah

Di sisi lain, Rory McIlroy mengawali penampilan di British Open tahun ini dengan lebih lambat. McIlroy pernah satu kali menjuarai British Open pada 2014.

Ia gagal memasukkan bola dari jarak tiga feet untuk mengejar par pada hole kedelapan, sehingga membuatnya mencatatkan skor satu over.

Walau demikian, dua birdie beruntun pada hole ke-14 dan 15 memperbaiki catatannya sebelum memainkan lima hole terakhir yang dramatis.

McIlroy gagal mengeluarkan bola dari sisi tepi bunker, sebelum pukulan chip dan putt-nya menyelamatkan dirinya.

Juara Masters Jon Rahm juga tidak begitu beruntung. Ia pun harus melalui bunker di hole ke-18 dengan bogey yang membuatnya memiliki catatan tiga over.

Sedangkan Scheffler awalnya tampil bagus dengan catatan dua under pada empat hole pertama, tetapi penampilan pegolf AS tersebut menurun dan tertinggal tiga pukulan dalam tujuh hole.

Klasemen sementara British Open

T1 - Tommy Fleetwood (-5)
T1 - Chisto Lamprecht (-5)
T1 - Emiliano Grillo (-5)
T4 - Brian Harman (-4)
T4 - Antoine Rozner (-4)
T4 - Adrian Otaegui (-4)
T7 - Wyndham Clark (-3)
T7 - Max Homa (-3)
T7 - Alex Noren (-3)
T7 - Stewart Cink (-3)
T7 - Shubhankar Sharma (-3)
T12 - Jordan Spieth (-2)
T12 - Si Woo Kim (-2)
T12 Alexander Bjork (-2)
T12 - Matthew Jordan (-2)
T-12 - Guido Migliozi (-2)
T12 - Michael Stewart (-2)

Baca juga: Pegolf profesional Dea Mahendra bagi tips untuk pemain pemula
Baca juga: Gabriel Hansel dan Elaine Widjaja juara Amateur Golf Championship 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023