Jakarta (ANTARA) - Sektor pendidikan dan kesehatan menjadi hal penting dalam kehidupan manusia sehingga membuat Yayasan Tarumanagara ,yang kini telah berusia 64 tahun, berkomitmen untuk berkontribusi lebih besar lagi untuk sektor pendidikan dan kesehatan.

"Kami punya target ke depannya, ada Untar (Universitas Tarumanegara, rumah sakit (RS), perusahaan, dan sekolah. Kami targetkan pendidikan dan kesehatan untuk ke mancanegara, jadi bukan hanya di Indonesia saja," ucap Ketua Yayasan Tarumanagara Prof. Ariawan Gunadi di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Menurut dia, langkah ekspansi merupakan kontribusi nyata Yayasan Tarumanagara untuk Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Makanya kami bangun JPO Tarumanagara atau kita sebut Tarumanagara Bridge. Itu hadiah kami untuk Jakarta. Biar bisa bermanfaat untuk mahasiswa, khususnya masyarakat Jakarta," kata Ariawan.

Tarumanagara Bridge dinilai ramah untuk para penyandang disabilitas karena memiliki elevator (lift).

"Sesuai visi dan misi pemerintah kita untuk bisa hadirkan fasilitas yang ramah difabel. Ini (Tarumanagara Bridge) kalau malam bagus berwarna bisa menghiasi kota Jakarta," ucap dia.

Baca juga: Untar raih tiga besar universitas swasta terbaik ASEAN+

Kontribusi untuk Bangsa

Yayasan Tarumanagara juga hendak membangun kawasan edutainment yang menurut Ariawan sebagai upaya mengeksekusi cita-cita lama pendiri yayasan, yakni ingin membuat Tarumanagara City di kawasan Karawaci, Tangerang, Banten. Yayasan Tarumanagara memiliki tanah seluas 140 hektar di kawasan itu dan rencananya akan dibangun sebagai kawasan edutainment seluas 10 hektare.

"Jadi, ada edukasi, hospital, edutaintment, dan fasilitas masyarakat. Sejak zaman Bapak Ciputra itu sudah ada, cuma eksekusinya saja belum," tutur Ariawan.

Pada perayaan hari jadi ke-64, Yayasan Tarumanagara juga memperkenalkan Batik Nusantara yang merupakan kolaborasi dengan desainer Anne Avantie.

Lewat desain batik khusus tersebut, Yayasan Tarumanagara ingin mengungkapkan kasih sayang orang tua terhadap anak-anaknya yang membekali dengan pendidikan dan merawat kesehatannya.

Baca juga: FTUI jadi kampus teknik terbaik di Indonesia pada Dies Natalis ke-59

Baca juga: Dukung Hilirisasi Ekonomi Indonesia, Binus University Kerjasama dengan BKPM

Baca juga: Untar bersiap PTM 100 persen pada tahun ajaran baru 2022/2023

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023