Acara itu merupakan bentuk kebersamaan komunitas dunia layaknya festival tahun baru di negara lain, terlebih perayaan Nowruz telah diakui oleh PBB melalui Majelis Umum pada tahun 2010,"
Jakarta (ANTARA News) - Festival Nowrus sebagai acara perayaan Tahun Baru Persia disambut baik oleh negara yang secara geografis berdekatan dengan Iran, seperti Afghanistan, Azerbaijan, Pakistan, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

"Acara itu merupakan bentuk kebersamaan komunitas dunia layaknya festival tahun baru di negara lain, terlebih perayaan Nowruz telah diakui oleh PBB melalui Majelis Umum pada tahun 2010," kata Duta Besar Republik Azerbaijan Tamerlan Karayev saat menghadiri perayaan Tahun Baru Persia (Iran) di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Sanaullah memberikan apresiasi atas digelarnya festival tersebut.

"Meskipun Nowruz tidak dirayakan secara besar-besaran oleh rakyat kami, tetapi berbagai penampilan budaya dan kuliner malam ini begitu mendekatkan kami," kata dia.

Perayaan tersebut secara resmi diadakan pertama kalinya di Indonesia pada hari Kamis dan rencananya akan kembali diadakan pada tahun depan.

Kedutaan Besar Iran di Indonesia menegaskan bahwa acara tersebut merupakan bentuk jalinan persahabatan negara-negara di kawasan Persia dengan Indonesia.

"Kami akan mengadakan Festival Nowruz tahun depan di Jakarta sebagai bentuk partisipasi jalinan persahabatan dengan Indonesia," kata Duta Besar Iran Mahmoud Farazandeh saat ditemui di sela acara festival tersebut.

Perayaan Tahun Baru Nowruz hampir sama dengan periode Indonesia saat memasuki hari-hari besar keagamaan.

Penduduk di kawasan Persia, terutama Iran dan negara di sekitarnya, begitu antusias menyambut Nowruz dengan mempersiapkan segala kebutuhan menjelang tahun baru Nowruz. Kesempatan tersebut mirip dengan masyarakat Indonesia ketika memasuki Idulfitri.

Nowruz merupakan hari raya yang dihitung berdasarkan perhitungan kalender matahari sama dengan perhitungan Masehi. Perbedaan keduanya adalah terdapat pada penentuan awal tahun.

Nowruz jatuh pada hari pertama musim semi di negara-negara kawasan Persia atau setiap tanggal 21 Maret.

Beberapa negara memberlakukan perhitungan kalender Persia, seperti Albania, Afghanistan, Azerbaijan, Armenia, Georgia, Iran, Irak Kosovo, Pakistan, Kazakhstan, dan Turkmenistan.

Meski Nowruz sudah dirayakan lebih dari 3.000 tahun silam, Majelis Umum PBB baru mengakui Nowruz secara internasional pada tahun 2010. Sementara itu, UNESCO menetapkan Nowruz sebagai Peninggalan Budaya Non-Benda pada tahun 2009.
(A061/D007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013