Membantu dalam perjalanan mengangkat status sosial ekonomi segmen ultra mikro menuju segmen mikro.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian Teguh Wahyono menilai ekosistem ultra mikro memainkan peran penting dalam meningkatkan lanskap segmen ultra mikro di Indonesia, salah satunya seperti Holding BUMN Ultra Mikro (UMi).

Pasalnya, ekosistem ini akan membantu meningkatkan literasi keuangan dan literasi digital untuk mentransformasi kebiasaan masyarakat menjadi cashless society.

"Ekosistem ultra mikro akan membantu dalam perjalanan mengangkat status sosial ekonomi segmen ultra mikro menuju segmen mikro," ujar Teguh dalam acara Indonesia Financial literacy Conference, yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat.

Namun demikian, ia mengingatkan terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan literasi keuangan, yaitu kurangnya kesadaran, kesulitan dalam pemenuhan layanan keuangan, serta produk dan layanan keuangan yang rumit.

Adapun Holding BUMN UMi sebagai ekosistem ultra mikro di Indonesia yang terdiri dari Pegadaian, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan 30 juta pemilik bisnis ultra mikro akan terdigitalisasi di tahun 2024, inklusi keuangan bisa mencapai 90 persen, serta outstanding pembiayaan ultra mikro mencapai Rp230 triliun.

Teguh mengungkapkan seluruh target tersebut akan dicapai melalui beberapa tahap yakni pemberdayaan, integrasi, dan kelulusan.

Dalam tahap pemberdayaan, PNM akan memberdayakan perempuan kurang mampu melalui pembiayaan berbasis kelompok untuk menjadi pemilik usaha mandiri.

Kemudian dalam tahap integrasi, pelanggan PNM yang naik kelas akan bergabung dengan ekosistem ultra mikro individu. Sementara Pegadaian UMi dan BRI UMi akan melayani kebutuhan pinjaman individu pemilik usaha ultra mikro.

Lalu dalam tahap kelulusan, pengusaha ultra mikro akan terangkat dan naik ke tingkat usaha mikro setelah mencapai maturitas yang memadai.
Baca juga: Senyum Mobile, Siap Layani 45 Juta Nasabah Ultra Mikro Secara Digital
Baca juga: Perjuangan Sri Wahyuni, Mitra Holding Ultra Mikro dalam Sediakan Akses Keuangan Formal di Kampung Nelayan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023