Samarinda (ANTARA) - Borneo FC menaklukkan tamunya Barito Putera dengan skor 2-1 pada lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat.

Dua gol kemenangan tim berjuluk " Pesut Etam" dicetak oleh Leo Lelis pada menit 9 dan Stafano Lilipaly pada menit 57. Gol balasan Barito Putera dicetak oleh Hasim Kipuw pada menit 82.

Hasil kemenangan tersebut membuat Barito Putera yang sudah sepekan memimpin klasemen Liga 1 harus turun peringkat, Sedangkan tambahan tiga poin kembali mendongkrak posisi Borneo FC berada di papan atas klasemen.

Pada Laga bertajuk "derby papadan" atau mempertemukan sesama tim asal Pulau Kalimantan itu, Borneo FC tampil cukup agresif dan berusaha untuk mengamankan target tiga poin sejak kick off babak pertama.

Baca juga: Pieter akan persiapkan skuad Borneo FC dengan hati-hati

Pemain belakang Borneo FC Leonardo "Léo" Silva Lelis membuka keunggulan bagi tim tuan rumah, ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Pemain asal Brasil tersebut berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala memanfaatkan tendangan bola mati Stefano Lilipali.

Unggul satu gol, membuat skuad Borneo FC tampil lebih semangat dan berusaha untuk menambah keunggulan.

Sebaliknya, tim tamu yang diasuh Rahmad Darmawan tak mau menyerah begitu saja dan berusaha untuk mengejar ketertinggalan.

Banyak peluang yang berhasil diciptakan oleh pemain kedua kesebelasan hingga babak pertama berakhir, namun sayangnya upaya kedua tim belum mampu merubah skor pertandingan 1-0 hingga jeda turun minum.

Baca juga: Barito Putera enggan pandang sebelah mata kekuatan Borneo FC

Memasuki babak kedua, tim tim asuhan Pieter Huistra, tetap tampil dengan semangat tinggi dan berusaha menekan pertahanan Barito Putra demi memperlebar keunggulan.

Pada menit 57, Stefano Lilipali berhasil memanfaatkan kesalahan pemain belakang Barito Putra, saat hendak membuang jauh bola, justru bola bisa dihadang Stefano Lilipaly di area kotak penalti, Dengan tenang pemain naturalisasi tersebut bisa mengecoh penjaga gawang Ega Risky dan memaksa tuan rumah unggul dengan skor 2-0.

Kesebelasan Barito Putra, baru bisa memperkecil defisit gol menjadi 2-1, melalui aksi Hasim Kipuw pada menit 82.

Tendangan set-piece Hasim Kipuw ke Gawang Borneo FC gagal diantisipasi Penjaga Gawang Nadeo, sehingga bisa memperkecil skor menjadi 2-1.

Hasil kemenangan menghadapi Barito merupakan kemenangan laga kandang kedua bagi Borneo FC pada musim ini. Tambahan tiga poin telah mendongkrak posisi Borneo menuju peringkat ke dua dengan poin 7.

Sementara kekalahan Barito Putera merupakan kekalahan perdana pada musim ini, Sehingga tim asal Kalimantan Selatan tersebut harus rela turun di peringkat 4, meski punya koleksi poin yang sama dengan Borneo yakni 7 poin, karena Barito kalah dalam agregat gol.

Baca juga: PSS Sleman masih gagal catatkan kemenangan kandang perdana

Pewarta: Arumanto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023