PTK turut memegang peranan penting dalam menyukseskan perpanjangan kontrak FSO Pertamina Abherka sampai 31 Desember 2031
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS) turut mendukung ketahanan energi nasional dengan membantu kegiatan towing atau menarik kapal FSO Pertamina Abherka.

Direktur Utama PTK I Ketut Laba dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan kegiatan penarikan kapal itu dilakukan dari perairan Batam menuju lapangan Poleng, di lepas pantai Jawa Timur.

Proses towing merupakan kegiatan menarik kapal, di mana kapal floating storage and offloading (FSO) Pertamina Abherka baru saja selesai "mempercantik diri" dan meningkatkan fasilitas kapal di Pax Ocean Shipyard Batam untuk kembali beroperasi di Lapangan Poleng, West Madura Offshore.

"Kita bangga karena PTK turut memegang peranan penting dalam menyukseskan perpanjangan kontrak FSO Pertamina Abherka sampai 31 Desember 2031 untuk mendukung ketahanan energi nasional dan terus men-support kelancaran operasional Pertamina Group," kata I Ketut Laba.

Baca juga: Pertamina International Shipping kukuhkan dirut baru PTK dan PET

Baca juga: Perkuat industri maritim, PTK kerja sama dengan Pelindo Jasa Maritim


Kapal FSO Abherka merupakan fasilitas penampungan minyak terapung pertama milik PIS yang dioperasikan untuk menjamin kelancaran operasi dalam produksi minyak dan gas Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO).

Adapun kegiatan towing berlangsung pada Jumat (14/7). Dalam kegiatan tersebut, PTK menerjunkan dua unit kapal, yaitu TB Transko Kepodang dan TB Transko Dara 3204 dengan kapasitas masing-masing sekitar 3.200 HP dan bollard pull sekitar 38 ton sebagai tail tow FSO Abherka dan assist tug swapping FSO Abherka.

PTK juga menyediakan satu unit kapal AHTS dengan kapasitas sekitar 8.000 HP dan bollard pull sekitar 100 ton sebagai main tow FSO Abherka.

Selain itu, PTK juga menyiapkan towing plan, towing master, marine warranty survey, dan agency services terkait rangkaian towing FSO Abherka.

Saat Kapal FSO Pertamina Abherka milik PIS tiba di Poleng Field, PTK juga membantu proses swapping FSO Aberkha dengan MT Gamkonora selaku temporary storage terminal.

Baca juga: HUT Ke-52, Pertamina Trans Kontinental catat kinerja positif

Baca juga: Pertamina melakukan tajak sumur perdana di Lapangan Duri Blok Rokan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023