Jakarta (ANTARA) - Pegolf AS Brian Harman sukses merebut pucuk klasemen British Open, setelah ia mencatatkan 10 under par pada putaran kedua yang dimainkan di Royal Liverpool Golf Course, Inggris, Jumat setempat.

Harman yang merupakan pegolf peringkat 26 dunia tercatat telah memenangi dua gelar US PGA Tour, namun kemenangan terakhirnya ditorehkan pada enam tahun silam.

Walau demikian, Harman bukannya tanpa prestasi sama sekali. Ia lima kali finis di posisi sepuluh besar pada musim ini, dan imbang (tie) pada posisi keenam di British Open tahun lalu.

Terakhir kali Harman hampir merebut gelar utama adalah pada US Open 2017, di mana ia sempat memimpin setelah tiga putaran sebelum finis pada posisi kedua di bawah Brooks Koepka.

"Saya merasa bahwa setelah saya memenangi turnamen (Wells Fargo) dan memiliki peluang yang benar-benar bagus di US Open pada 2017, maka saya mungkin dapat meraih prestasi lain setelahnya, dan itu tidak terjadi. Saya telah berada di sini," kata Harman seperti dikutip dari AFP.

"Saya tidak tahu mengapa hal itu tidak terjadi, namun saya tidak akan berhenti. Saya akan tetap bertahan, dan setelah itu, mudah-mudahan saya akan berprestasi suatu hari kelak," tambahnya.

Harman mengawali hari dengan posisi tertinggal satu pukulan (4 under) dari para pemuncak klasemen. Ia kemudian mulai menggebrak berkat tiga birdie panjang di hole kedua, ketiga, dan keempat.

Pada par lima di hole kelima, bola hasil pukulannya membentur tiang bendera, untuk membuat Harman hanya perlu melakukan pukulan mudah untuk mendapatkan birdie beruntun keempatnya.

Ia kemudian mencatatkan 12 par berturut-turut. Namun penampilan terbaiknya adalah pada hole ke-18, ketika ia melakukan apa yang disebutnya sebagai "dua pukulan terbaiknya" untuk dapat meraih eagle.

Klasemen sementara British Open:

1 - Brian Harman (-10)
2 - Tommy Fleetwood (-5)
T3 - Min Woo Lee (-3)
T3 - Jason Day (-3)
T3 - Shubhankar Sharma (-3)
T7 - Jordan Spieth (-2)
T7 - Emiliano Grillo (-2)
T7 - Adrian Otaegui (-2)
T7 - Cameron Young (-2)
T11 - Rory McIlroy (-1)
T11 - Max Homa (-1)
T11 - Henrik Stenson (-1)
T11 - Wyndham Clark (-1)
T11 - Matthew Southgate (-1)
T11 - Thriston Lawrence (-1)
T11 - Guido Migliozzi (-1)
T11 - Michael Stewart (-1)
T11 - Matthew Jordan (-1)
T11 - Stewart Cink (-1)
T11 - Nicolai Hojaard (-1)
T11 - Antoine Rozner (-1)
T11 - Richard Bland (-1)
T11 - Laurie Canter (-1)

Baca juga: Fleetwood, Lamprecht, dan Grilo pimpin klasemen British Open
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023