Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu mengatakan, sebanyak 487 hewan ternak di wilayah tersebut dinyatakan sembuh dari wabah Lumpy Skin Disease (LSD).
 
Sebab, saat ini terdapat 627 hewan ternak dinyatakan positif LSD, 19 diantaranya telah mati atau dilakukan pemotongan paksa dan 121 masih dalam pengawasan Dinas Peternakan di wilayah masing-masing.
 
"Sampai saat ini dikonfirmasi ada 627 kasus LSD di Provinsi Bengkulu yang tersebar ke delapan kabupaten dan 487 ekor di antaranya dinyatakan sembuh," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi di Kota Bengkulu, Sabtu.

Baca juga: Sebanyak 1.059 hewan ternak di Provinsi Bengkulu sembuh dari PMK
 
Ia menyebutkan, saat ini terdapat dua wilayah yang bebas dari wabah LSD, yaitu Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong.
 
Kemudian delapan wilayah lainnya, yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur ditemukan kasus LSD.

Baca juga: Ratusan sapi & kerbau peternak di OKU Sumsel terjangkit virus LSD
 
Lanjut Syarkawi, saat ini kasus LSD paling banyak berada di Kabupaten Bengkulu Selatan, yaitu 72 kasus hewan ternak.
 
"Penyebaran LSD di Provinsi Bengkulu meroket dalam tahun ini yang diawali di Mukomuko dan menyebar ke tujuh kabupaten lainnya," ujarnya.

Baca juga: Disnak Tulungagung: Nutrisi rendah, daging sapi LSD aman dikonsumsi
 
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki ternak untuk dapat memperhatikan kebersihan dan Kesehatan hewan ternak nya, agar tidak terjadi penularan.
 
Hal tersebut dilakukan, sebab penyebaran LSD di Provinsi Bengkulu disebabkan karena beberapa faktor, seperti jual beli hewan antar kabupaten, ditempatkan dengan hewan yang positif LSD dan masih banyak lagi.
 
“Upayakan kandang bersih dan makanan mencukupi untuk ternak, agar ternak sehat dan tidak mudah terserang LSD,” kata dia.

Baca juga: Bandung Barat fokus pemberian vaksin LSD pada sapi perah
Baca juga: Wabah LSD jangkiti puluhan ekor ternak sapi di Trenggalek

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023