Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) masuk empat besar Perguruan Tinggi dengan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terbaik nasional dalam jajaran Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU).

"Capaian serta prestasi ini adalah bukti bahwa USK terus berkembang. Di mana Karena dengan status USK sebagai PTN BH saat ini kita akan terus bekerja keras untuk mengembangkan potensi yang ada dalam mendorong mutu pendidikan di kampus ini,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan, USK berhasil meraih prestasi sebagai Top 10 Perguruan Tinggi Negeri dengan capaian IKU tahun 2022, di mana saat USK masih berstatus PTN-BLU.

USK masuk empat besar bersama tiga PTN lainnya yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Menurut di posisi USK tersebut melampaui prestasi pada tahun sebelumnya yaitu hanya menempati posisi 17.

Ia mengatakan penghargaan tersebut diserahkan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Nizam pada kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Triwulan II Tahun 2023.

Selain itu, pada forum tersebut USK juga meraih hibah dana abadi Perguruan Tinggi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk kampus dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang ditandai dengan penandatanganan Dokumen Kontrak Dana Abadi PT PTN-BH oleh Rektor

"Penerimaan dana abadi LPDP tersebut merupakan bukti bahwa reputasi USK saat ini telah berkembang dengan sangat baik dalam jajaran perguruan tinggi negeri di Indonesia," katanya.

Rektor berharap dukungan semua pihak khususnya masyarakat Aceh, agar USK bisa terus memperluas kiprahnya dalam mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik dengan statusnya sebagai PTN BH saat ini.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023