Persoalannya apa yang dilakukan oleh orang yang baik tersebut tenggelam oleh berbagai pemberitaan media yang mengupas perilaku buruk oknum anggota DPR lainnya,"
Padang (ANTARa News) - Anggota DPR RI Poempida Hidayatullah menyatakan kendati selama ini pemberitaan tentang DPR lebih banyak negatif namun sebenarnya masih banyak orang baik dan berkomitmen menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

"Persoalannya apa yang dilakukan oleh orang yang baik tersebut tenggelam oleh berbagai pemberitaan media yang mengupas perilaku buruk oknum anggota DPR lainnya," kata Poempida di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu dalam Seminar Nasional "Refleksi Kinerja DPR 2009-2014 Upaya Meningkatkan Kualitas dan Kinerja" yang digelar Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas.

Ia memastikan bahwa jumlah anggota DPR yang tidak melakukan korupsi mencapai 90 persen. "Jauh lebih banyak daripada oknum yang berperilaku korup," kata anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Barat itu.

Terkait dengan pandangan yang menilai anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri sebagai bentuk pemborosan karena dianggap berpelesir, Poempida menyatakan hal itu tidak sepenuhnya benar.

Ia mengatakan salah satu tugas DPR adalah membuat undang-undang dan melakukan pengawasan yang untuk itu diperlukan perbandingan yang relevan dengan melihat langsung ke luar negeri. "Dan hal itu merupakan aturan," kata dia.

Sebenarnya, lanjut dia, cukup banyak prestasi dan kinerja yang telah dilakukan oleh DPR, salah satunya adalah dengan telah diselesaikannya Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan menjamin perlindungan ketenagakerjaan dan kesehatan secara universal.
(KR-IWY/S024)

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013