mengimbau kepada pemda agar menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah ke selokan maupun sungai
Jakarta (ANTARA) -
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak masyarakat gotong royong secara rutin untuk membersihkan saluran air demi mencegah banjir.
 
"Masyarakat sebaiknya mulai sekarang secara rutin gotong royong membersihkan saluran air dalam waktu yang berkala, sehingga kebersihan dan kelancaran aliran sungai dapat tetap terjaga demi mengurangi potensi banjir," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Imbauan ini disampaikan Abdul merespon bencana banjir yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (21/7) pukul 20.00 WITA dan berdampak pada 125 KK.
 
BPBD Kota Palu melaporkan banjir dengan Tinggi Muka Air antara 10 cm hingga 70 cm, dengan wilayah terdampak meliputi Desa Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Desa Talise, Kecamatan Mantikulore, Desa Silae, Kecamatan Ulujadi, dan Desa Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan.
 
"BPBD Kota Palu sudah berkoordinasi dengan kelurahan setempat dalam melakukan pendataan dan membantu evakuasi warga. Kondisi terkini banjir berangsur surut," ujar Abdul.

Baca juga: Pemkot bersihkan jalan dari sisa lumpur di huntap Palu
Baca juga: DPRD Semarang minta perbaikan drainase diutamakan untuk cegah banjir
Baca juga: Jaksel bangun 200 unit drainase vertikal untuk antisipasi banjir
 
Sementara, berdasarkan kajian dari Inarisk BMKG, Kota Palu memiliki tingkat risiko banjir sedang hingga tinggi.
 
Abdul pun mengimbau pemerintah daerah (pemda) tetap waspada bencana banjir meski di beberapa wilayah sudah memasuki musim kemarau, dan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar.
 
"Meskipun sebagian besar wilayah Indonesia sudah berada pada musim kemarau, BNPB tetap mengimbau kepada pemda agar menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah ke selokan maupun sungai yang dapat menghambat saluran air," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan lanjutkan penataan drainase pengendali banjir
Baca juga: Akademisi Unhas paparkan penyebab dan solusi banjir di Makassar
Baca juga: Bupati Pati: Butuh kajian lengkap atasi banjir tak kunjung surut

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023