Jakarta (ANTARA) -
Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung sukses meraih medali emas di nomor kumite putri kelas -68kg dalam Kejuaraan Asia Karate 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu.
 
Berdasarkan catatan hasil pertandingan, Ceyco menjadi yang terbaik setelah mengalahkan atlet China Li Qiaoqiao dengan skor telak 8-0. Atlet 24 tahun itu tampil apik sepanjang pertandingan yang bergulir di Negeri Jiran.
 
Tergabung di Pool 2, Ceyco pada babak kedua berhasil mengalahkan wakil Uni Emirat Arab Fatma Khasaif dengan 2-0. Momentum tersebut berlanjut, pada babak ketiga, dia kembali tampil mengesankan dengan menyingkirkan atlet Taiwan Chao Jao dengan 6-1.
 
Tak berhenti di situ, Ceyco melanjutkan dominasi dengan meraih kemenangan pada babak keempat atas atlet Yordania Joud Aldrous dengan skor 4-1. Dengan demikian dia pun berhak melaju ke final dan berhadapan dengan pemenang di Pool 1 yakni Li Qiaoqiao yang akhirnya harus puas pulang dengan perak.
 
Adapun perunggu bersama menjadi milik Joud Aldrous dan wakil asal Jepang Kanna Nagai yang mengalahkan lawan masing-masing. Aldrous mengalahkan Fatma dengan 2-1, sedangkan Nagai menang atas atlet Vietnam Dhin Thi Huong dengan 6-1.

Baca juga: Sandi Firmansyah rebut emas perdananya di SEA Games Kamboja
 
Sementara ini Indonesia telah mengemas satu emas dan satu perunggu dalam ajang yang berlangsung pada Jumat hingga Minggu tersebut.
 
Tim Merah Putih meraih perunggu melalui Dessynta Rakawuni Banurea yang turun di nomor kumite +68 putri.
 
Tercatat, Indonesia mengirim 20 atlet untuk turun di 17 nomor pertandingan.

Selain dua nama yang telah menyumbang medali ada nama Cok Istri Agung Sanistyarani (kumite -55kg putri), Anissa Nur Anngraini (kumite -50kg putri), Ari Saputra (kumite -60kg putra), Sandi Firmansyah (kumite -84kg putra), Joshua Ignatius (kumite -75kg putra), Muhammad Tegar Januar (kumite -55kg putra), Irham Ardi Robbani (kumite -67 putra), Ayu Sulistiandari (kumite -61 putri), dan Huggies Yustisio (kumite +68 putra)
 
Untuk nomor kata, Indonesia punya Krisda Putri Aprilia di sektor putri dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda di sektor putra.
 
Lalu untuk nomor kumite beregu putri ada Agung Sanistyarani, Anngraini, Rakawuni Banurea, dan Ceyco, sementara kumite beregu putra diperkuat Ari, Firmansyah, Ignatius, Januar, Robbani, Sihaan, dan Yustisio.
 
Di kata beregu putra Indonesia bertumpu kepada Albiadi, Dwi Dharmawan, dan Mardana, sedangkan nomor kata beregu putri tim Merah Putih menurunkan Magfirah, Syamsul, Nadya, dan Nur Rizka).
 
Kejuaraan Asia Karate 2023 diikuti 388 atlet dari 31 negara. Sejauh ini, Kazakhstan masih mendominasi dengan berada di posisi puncak klasemen medali dengan tiga emas, tiga perak, dan empat perunggu.
 
Iran di urutan kedua dengan dua emas, satu perak, enam perunggu, sedangkan Indonesia berada di urutan ketujuh bersama Arab Saudi dengan sama-sama mengemas satu perak dan satu perunggu.

Baca juga: Enam pemanah Indonesia buru tiket Olimpiade Paris di Kejuaraan Dunia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023