Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminta segera menetapkan regulasi pemasangan kabel dan pipa bawah laut, agar alur bawa laut tertata rapi.

Indonesia Maritime Institute (IMI) menilai pemerintah dalam hal ini KKKP perlu segera menerbitkan peraturan pemasangan kabel dan pipa bawah laut agar tidak menimbulkan risiko yang membayakan pelayaran di laut, kata Direktur Maritime Campaign IMI Bama Putra di Jakarta, Jumat.

Bama juga meminta kepada pemerintah untuk segera menyusun rencana zonsi agar setiap penempatan bisa serasi dan sesuai dengan peruntukannya.

Dia memberikan contoh, seperti rencana sebuah perusahaan listrik yang akan memasang kabel bawah laut dalam waktu dekat ini. Jangan sampai penempatannya kemudian menimbulkan masalah ekologis maupun lainnya.

"Jika pemasangan pipa atau kabel bawah laut salah penempatan ini sangat berbahaya. Kalau salah dampak negatifnya cukup besar. Contohnya, apalagi jika pipa bawah laut bocor pengaruhnya akan terasa langsung pada kehidupan ikan dan ekosistem yang ada di sekitarnya," kata Bama.

Bama juga mengharapkan, agar Dirjen KP3K mampu mendorong dibuatnya sebuah regulasi yang khusus, agar  terwujud keserasian dan keselamatan di bawah laut.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013