Jakarta (ANTARA) - Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) memuji kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers.

Pujian itu diberikan karena pelaksanaan kejuaraan yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya pada 17-19 Juli 2023 berlangsung lancar dari awal sampai akhir.

Pujian FIBA diucapkan melalui surat tertanggal 20 Juli 2023 yang ditujukan kepada SEABA selaku konfederasi bola basket Asia Tenggara. Surat itu ditandatangani Hagob Khajirian selaku FIBA Executive Director-Asia.

“Kami apresiasi atas kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers di Surabaya, Indonesia, dengan menghasilkan dua wakil dari zona Asia Tenggara, Filipina dan Malaysia,” tulis Hagob dalam suratnya mengutip laman resmi Kemenpora di Jakarta, Minggu.

Kemudian SEABA secara resmi menerbitkan surat serupa pada 21 Juli 2023. Surat itu berisi pujian dan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan kejuaraan yang diselenggarakan PP PERBASI dengan dukungan Kemenpora tersebut.

“Kami berterima kasih kepada ketua pelaksana dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dan berkorban segalanya demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers,” tulis Sekjen SEABA Dr. Koh Koon Teck.

Ketua Umum PP PERBASI Danny Kosasih berterima kasih atas pengakuan kesuksesan penyelenggaraan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers di Surabaya. Apalagi pengakuan itu datang dari SEABA dan FIBA.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan SEABA dan FIBA atas penyelenggaraan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers di Surabaya. Terima kasih juga kepada seluruh panitia dan pihak-pihak terkait , terutama Kemenpora, yang telah membantu suksesnya pelaksanaan kejuaraan ini,” jelas Danny.

Deputi IV Kemenpora Surono mengatakan Kemenpora akan selalu hadir untuk membantu pengembangan olahraga di Indonesia. Terutama terkait pembinaan usia dini dan kompetisi berjenjang.

“Kehadiran Kemenpora di FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers bagian dari komitmen Negara hadir dalam pengembangan olahraga di Indonesia. Kami akan hadir di semua cabang olahraga, tidak hanya di bola basket. Jadi jangan ragu dengan komitmen Kemenpora dalam mendukung pembibitan dan pembinaan usia dini terutama kompetisi usia dini dan berjenjang,” kata Surono.

“Selamat untuk PP PERBASI dan Indonesia yang mendapat pujian dari SEABA dan FIBA atas kesuksesan penyelenggaraan FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers,” lanjutnya.

Baca juga: Perbasi gelar seleknas SEABA U-16 2023
Baca juga: Erick Thohir pastikan Indonesia siap sambut pebasket dunia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023