Jakarta (ANTARA) - Perenang Prancis Leon Marchand memecahkan rekor Michael Phelps pada kategori medley 400m putra pada Kejuaraan Dunia Akuatik FINA 2023, yang digelar di Fukuoka, Jepang, Minggu (23/7).

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Senin, pencapaian yang mengantarkan Marchand ke medali emas pada kategori tersebut sekaligus membuat Phelps kini tidak lagi memiliki rekor dunia untuk renang individu.

Marchand lebih cepat 1,34 detik dari rekor Phelps yang sebelumnya membukukan waktu 4 menit 03,84 detik. Sang perenang Prancis mencatatkan rekor terbaru dengan waktu 4 menit 02,5 detik, mengalahkan rekor yang dibukukan Phelps pada Olimpiade 2008 Beijing tersebut. Selain itu, Marchand sekaligus mematahkan dominasi Phelps yang memegang rekor itu selama 15 tahun lamanya.

"Itu gila, salah satu hal paling menegangkan yang pernah saya lakukan. Sungguh menakjubkan melakukannya di sini dan bisa membukukan waktu yang lebih cepat. Tapi, saya masih memiliki versi terbaik dari diri saya," kata Marchand.

"Rasanya juga luar biasa, saya berlatih setiap hari untuk itu (memecahkan rekor pribadi dan dunia). Saya dua detik lebih cepat dari rekor saya sebelumnya, saya mengalahkan rekor dunia, sungguh menakjubkan... Saya tidak tahu harus berkata apa, saya sangat bahagia," ujarnya.

Baca juga: Loncat indah China lanjutkan dominasi di Kejuaraan Dunia FINA 2023

Phelps, atlet Olimpiade paling berprestasi sepanjang masa dengan rekor 28 medali, hadir untuk mempersembahkan Marchand dengan emasnya di Kejuaraan Dunia Akuatik tahun ini.

Marchand mengatakan perenang legendaris dari Amerika itu terkesan dengan catatan waktunya dan mengatakan kepadanya bahwa dia dapat terus meningkatkan kemampuan dan pengalamannya sebagai seorang perenang.

"Dia mengomentari jalannya pertandingan saya, jadi rasanya sangat keren. Dia juga memberi tahu saya banyak hal untuk diperbaiki di lain waktu," kata Marchand, yang dilatih oleh mantan mentor Phelps, Bob Bowman.

Marchand finis di depan Carson Foster dari Amerika, yang mencatat waktu 4 menit 06,56 detik, dan Daiya Seto dari Jepang, yang berada di urutan ketiga dengan waktu 4 menit 09,41 detik.

"Jelas tujuannya selalu untuk menang dan Leon adalah pesaing yang hebat," kata Foster.

Sementara itu, Marchand bersiap untuk mempertahankan gelar dunianya dalam medley individu 200m minggu ini di Fukuoka. Ia juga akan bertanding di nomor 200m gaya kupu-kupu, meski keikutsertaannya di nomor 200m gaya dada masih belum diputuskan.

Di sisi lain, China masih memimpin klasemen medali sementara di Kejuaraan Dunia Akuatik FINA 2023 dengan 15 emas, 5 perak, dan 5 perunggu. China berdiri kokoh di depan Australia dengan 5 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, serta Jepang dengan 4 emas, 1 perak, dan 4 perunggu.

Baca juga: Gladies awali perjuangan Indonesia di Kejuaraan Dunia Akuatik 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023