memang tantangan luar biasa buat guru adalah siswa bermain handphone
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut perilaku pelajar bermain ponsel (handphone) di dalam lingkungan sekolah menjadi tantangan besar bagi guru.
 
"Saya sering keliling sekolah baik SD, SMP, maupun SMA. Ketika saya berkunjung ke sekolah, memang tantangan luar biasa buat guru adalah siswa bermain handphone. Karena itu, kita perlu menggali dan mengarahkan potensi minat mereka agar mampu menjadi generasi emas di 2045," kata Heru di Jakarta, Senin, terkait paparannya tentang potensi anak dalam suatu seminar.
 
Dengan kian berkembangnya teknologi informasi dan digitalisasi, maka semakin penting untuk menciptakan landasan kokoh bagi anak-anak agar bisa menjadi generasi emas pada 2045.
 
"Saya juga mengajak semua pihak, baik orang tua, guru, tenaga pendidik, dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama memberikan perhatian dan dukungan optimal bagi tumbuh kembang anak. Bersama kita ciptakan landasan kokoh bagi masa depan gemilang anak bangsa," kata Heru.
 
Selain itu, Heru juga mengingatkan agar semua pihak dapat meningkatkan potensi diri yang ada dalam diri anak-anak.
 
Salah satunya membantu anak untuk dapat memilih minat dan bakat sesuai dengan potensi diri dan karakter masing-masing untuk masa depan mereka.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan sebagai "Provinsi Layak Anak" (Provila) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA).
 
"Penghargaan ini bukanlah suatu tujuan akhir, namun suatu proses dan pemantik untuk semakin memperjuangkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di DKI Jakarta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Rizky Hamid di Jakarta, Minggu.
 
Menurut Rizky, penghargaan ini sejalan dengan instruksi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono agar seluruh jajaran di lingkungan Provinsi DKI  Jakarta lebih memperhatikan hak-hak anak.
Baca juga: DKI Jakarta raih penghargaan "Provinsi Layak Anak" dari Kemen PPA
Baca juga: Polisi kantongi visum pelecehan ayah tiri kepada anak di Pasar Minggu
Baca juga: Pemkot Jaksel pastikan sepuluh anak lulus dari stunting

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023