Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyediakan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang tidak mampu melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil mengatakan program SKSS ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya dengan meningkatkan indeks pendidikan, terutama kepada orang yang tidak mampu.

"Orang tidak mampu terkadang mempunyai harapan dan keinginan untuk kuliah, tetapi mereka tidak mempunyai biaya. Ada pula yang ada biaya, tetapi jika dikalkulasi selama 4 tahun tidak mampu," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Senin.

Baca juga: Baznas Pasaman Barat bantu beasiswa 192 mahasiswa melalui dana zakat

Ia mengatakan syarat pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa yang harus dipenuhi di antaranya beragama Islam, warga Kabupaten Probolinggo, mampu menyelesaikan kuliah 8 semester, keluarga prasejahtera, dan satu keluarga belum ada yang sarjana.

"Sebelum mendapatkan program SKSS tersebut, calon penerima harus memenuhi syarat pendaftaran dan administrasi yang sudah ditentukan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Muzammil menjelaskan penerima beasiswa pendidikan usianya tidak boleh lebih dari 22 tahun pada saat pendaftaran dan disarankan belum menikah selama perkuliahan berlangsung.

Baca juga: Baznas Pariaman salurkan beasiswa bagi 142 mahasiswa

"Selain itu, juga bersedia mengabdi di Baznas Kabupaten Probolinggo selama mengikuti program beasiswa ketika dibutuhkan. Jadi, hanya pada saat ada kegiatan saja dan tidak setiap hari," katanya.

Jumlah kuota penerima beasiswa pendidikan program SKSS sebanyak 15 orang dan pendaftaran dimulai pada 21 Juli 2023 hingga 29 Agustus 2023. Informasi lebih lanjut bisa diakses di Instagram @baznas-kab.probolinggo dan Facebook: Baznas Kabupaten Probolinggo.

Pemberian beasiswa melalui program SKSS itu dilakukan dengan merekrut peserta didik dari keluarga tidak mampu yang lulus SMA dan sederajat yang mempunyai keinginan untuk kuliah tetapi tidak mempunyai biaya dan mereka direkrut sampai lulus kuliah.

Baca juga: Baznas Bazis Jakarta Barat sediakan 500 beasiswa pada 2023

"Apabila pendaftarnya melebihi kuota maka akan dilakukan seleksi. Proses pendaftaran akan dilengkapi dengan verifikasi dan validasi oleh tim survei. Baznas Kabupaten Probolinggo hanya menyediakan dana UKT sebesar Rp2.000.000 per semester," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023