Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berhasil mengumpulkan donasi kemanusiaan untuk Palestina dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat sebesar Rp504.671.200.

"Kami hanya bisa berdoa untuk warga Palestina karena itu merupakan masalah global, sehingga yang bisa kami lakukan berdoa dan memberikan bantuan kemanusiaan," kata Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dalam keterangan tertulis, Jumat.

Pemkab Probolinggo menyerahkan hasil pengumpulan donasi kemanusiaan untuk warga Palestina itu kepada Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Achmad Muzammil yang selanjutnya akan dikirimkan ke Baznas Pusat melalui Baznas Provinsi Jawa Timur.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memiliki kepedulian dengan menyisihkan sebagian rezekinya. Semoga akan ada tambahan rezeki yang berlipat bagi yang sudah membantu," tuturnya.

Baca juga: BAZNAS RI salurkan bantuan untuk Palestina dalam 3 tahap

Baca juga: Sebanyak 65 truk bantuan kemanusiaan sudah masuki Kota Gaza


Sementara Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Achmad Muzammil menyampaikan ucapan terima kasih yang besar-besarnya kepada semua elemen utamanya jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan elemen masyarakat.

"Kalau dilihat jumlahnya, 90 persen itu berasal dari jajaran ASN dan 10 persen itu berasal dari elemen masyarakat mulai dari yayasan, lembaga pendidikan dan sebagainya," katanya.

Ia mengatakan pengumpulan dana kemanusiaan untuk Palestina itu dilakukan sesuai dengan instruksi Baznas RI karena pemerintah sudah mempercayakan pengumpulan dana kemanusiaan untuk Palestina itu kepada Baznas.

"Mungkin masih ada tambahan dari yang mau mendonasikan sebagian rezekinya dalam rangka kemanusiaan untuk Palestina, maka Baznas Probolinggo masih membuka untuk termin kedua," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023