Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan donasi sebagai bentuk kemanusiaan dan solidaritas Pemkot Medan Rp1 miliar kepada Palestina.

"Kita hadir di sini dan donasi yang diberikan semoga menjadi kekuatan untuk Palestina mencapai kemerdekaan," kata dia setelah menyerahkan donasi Rp1 miliar kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zulhair Al Shun di Medan, Sumatera Utara, Kamis (8/1).

Sumber donasi ini, kata dia, bukan berasal dari APBD Kota Medan, melainkan sumbangan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah, termasuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan.

Selain itu, kalangan dunia usaha, seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Utara, dan Hipmi Medan.

Ia mengharapkan donasi tersebut dapat menjadi kekuatan bagi Palestina dalam meraih kemerdekaan dari zionis Israel.

"Kami atas nama warga Kota Medan menyatakan apa yang dirasakan warga Palestina adalah tindakan yang kejam dan kami mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina," kata dia.

Baca juga: BAZNAS RI masih buka donasi untuk Palestina

Ia menyebut donasi ASN di lingkungan Pemkot Medan dan perguruan Islam swasta ini merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan atas tragedi kekejaman zionis Israel.

"Begitu mendapat undangan dari perguruan Al Amjad, kami seluruh perangkat daerah dan ASN kumpul-kumpul memberikan sumbangan. Uang Rp1 miliar ini bukan uang APBD," kata Bobby.

Ia juga mengatakan warga Kota Medan dan warga Palestina sebagai sesama saudara yang tentu tetap mendoakan dan berjuang sebisa mungkin dengan cara masing-masing.

"Kami mengapresiasi pertemuan ini, pastinya perguruan Al Amjad bukan hanya fokus pendidikan anak. Tapi mengajarkan anak didik tentang rasa kebersamaan sesama umat Muslim di Kota Medan dan di​​​​​​ Palestina," kata dia.

Dubes Palestina untuk Indonesia Zulhair Al Shun mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Yayasan Perguruan Al Amjad atas donasi yang diberikan untuk Palestina.

"Kita ketahui bersama atas izin Allah SWT negeri Palestina adalah negeri para nabi. Allah SWT juga menyatakan dalam firman-Nya tentang masjidilaqsa. Atas bantuan donasi dan doa serta Shalat Ghaib yang telah dilakukan, kami mengucapkan terima kasih," kata dia.

Baca juga: Gubernur serahkan donasi masyarakat NTB Rp2 miliar untuk Palestina
Baca juga: Pemuda Aceh Besar donasi Rp65 juta untuk rakyat Palestina
Baca juga: Laziznu Jatim salurkan donasi ke Palestina Rp14,4 miliar


Pewarta: Muhammad Said
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024