Rhodes, Yunani (ANTARA) - Para penyelenggara tur wisata pada Senin memulangkan turis akibat kebakaran hutan melanda Pulau Rhodes di Yunani yang disebut pejabat pemerintah menghadapi ancaman kebakaran yang tinggi di hampir setiap daerahnya.

Kebakaran melanda sejak Rabu pekan lalu di Rhodes sehingga memaksa 19.000 orang diungsikan selama akhir pekan ketika kobaran api mencapai tempat peristirahatan di bagian tenggara pulau itu. Kebakaran hutan itu juga memaksa evakuasi penduduk Pulau Corfu.

Rhodes dan Corfu adalah tujuan wisata utama Yunani, terutama menjadi tujuan turis Inggris dan Jerman.

"Kita sudah tujuh hari mengalami kebakaran dan api belum bisa dijinakkan," kata Wakil Walikota Rhodes Konstantinos Taraslias kepada televisi negara ERT.

Baca juga: Suhu di Irak berpotensi tembus 50 derajat Celsius

Turis terpaksa menginap di lantai bandara sambil menunggu penerbangan kembali ke negaranya di mana penerbangan pertama baru ada malam hari.

Perusahaan penyelenggara wisata TUI cabang Inggris dan Irlandia mengaku telah menerbangkan tiga pesawat yang penuh penumpang untuk kembali ke Inggris dari Rhodes dan berencana memulangkan sesegera mungkin semua yang terdampak kebakaran ini.

"Sungguh sebuah perjuangan untuk bisa melalui pantai karena banyaknya asap," kata John Hope, turis asal Manchester, Inggris.

Turis Austria, Mario Wiese, mengaku sudah dua hari di bandara Rhodes dan harus mengurus sendiri tiket kepulangannya ke Jerman pada Senin pagi.

Baca juga: Kematian akibat lonjakan suhu panas mulai meningkat di Eropa

"Kami sudah dua hari di sini (bandara). Tak ada selimut, tak ada apa-apa. Ada anak-anak yang menginap di sini yang butuh susu," kata dia. "Aku harus mengurus semuanya sendiri karena tidak ada yang memperhatikan kami di sini. Aku tidak mengerti," tambahnya.

Penerbangan pemulangan

Pengusaha tur wisata Jet2, TUI dan Corendon membatalkan pesawat-pesawat bertujuan Rhodes. Perusahaan easyJet asal Inggris menyatakan mengoperasikan dua penerbangan pemulangan ke bandara London, Gatwick, sebagai tambahan bagi sembilan penerbangan yang telah beroperasi antara pulau tersebut dan Gatwick.

Perusahaan penerbangan itu mengatakan akan menambah penerbangan pemulangan lain pada Selasa (25/7).

Perusahaan penerbangan lain, Ryanair, menyatakan penerbangan mereka menuju dan dari Rhodes beroperasi normal. Direktur Keuangan Ryanair Neil Sorahan menyatakan perusahaannya memantau situasi pada Senin.

Baca juga: Beijing catat rekor baru jumlah hari dengan suhu panas

"Saat ini belum dibutuhkan (penerbangan tambahan, kami mempersilakan calon penumpang melakukan booking untuk penerbangan lebih awal," kata dia.

Evakuasi melalui laut dilakukan oleh Corfu di mana pada Minggu (23/7) sekitar 59 orang diselamatkan dari pantai pulau ini. Rekaman video menunjukkan kaki langit daerah pegunungan menyala karena kebakaran.

Di Rhodes, beberapa wisatawan mengaku berjalan hingga berkilo-kilometer di tengah panas terik untuk mencari tempat aman. Kebakaran itu menyisakan jejak pohon-pohon hangus dan bangkai binatang di sepanjang jalan, di sebelah mobil yang juga hangus.

Suhu udara beberapa pekan lalu melampaui 40 derajat Celcius di banyak daerah Yunani dan diperkirakan bertahan sampai beberapa hari ke depan.

Layanan darurat juga menangani api di Pulau Evia di sebelah timur Athena dan Aigio di sebelah tenggara Athena.

Baca juga: Cuaca panas ekstrem, jamaah haji gunakan payung saat wukuf

Sumber: Reuters

 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023