Saya punya modus operandi: bertingkah seolah-olah di situ memang tempat saya
Jakarta (ANTARA News) - Foto langka The Beatles saat mengadakan konser di Shea Stadium tahun 1965 terjual seharga 30.680 poundsterling.

Harga itu melampaui perkiraan rumah lelang Omega Auctions, yang menaksir 61 foto tersebut terjual seharga 15 - 20 ribu poundsterling.

Juru lelang Paul Fairweather mengatakan penawar yang beruntung itu adalah "seorang pria asal Amerika Selatan yang kini tinggal di Washington dan kolektor memorabilia The Beatles".

Shea Stadium merupakan konser terbesar The Beatles, juga konser terbesar pada masa itu. Saat itu band beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison itu sedang berada di puncak keemasannya. Konser mereka itu dipenuhi teriakan 55 ribu penonton.

Foto-foto hitam putih di konser tersebut diambil oleh Marc Weinstein. Weinstein menggunakan identitas pers palsu agar bisa berada di dekat panggung konser yang berada di New York tersebut. Saat itu, satu-satunya fotografer yang berada di lokasi kehabisan film.

Weinstein mengenang ia membuat identitas yang dibuat sendiri itu untuk mengelabui polisi yang bertugas agar ia diantar ke area panggung.

"Saya berbaur saja dengan semua yang ada di situ," kenangnya, seperti yang dilaporkan laman BBC.

"Saya punya modus operandi: bertingkah seolah-olah di situ memang tempat saya. Kalau ada petugas, saya lihat ke arah lain saja," katanya.

Sebelum melelang foto karya Weinstein, Omega Auctions juga menjual 65 foto The Beatles yang belum pernah dipublikasikan karya Dr Robert "Bob" Beck.

Foto berwarna karya Beck tahun 1964 itu terjual seharga 27.140 poundsterling, juga melebihi estimasi Omega yang memperkirakan 10 - 15 ribu poundsterling.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013