Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kustini Sri Purnomo menyebutkan momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan saat tepat untuk menguatkan komitmen bersama dalam upaya mendukung prioritas nasional yakni percepatan penurunan prevalensi stunting.

"Upaya penurunan stunting tentunya erat kaitannya dengan kesadaran dalam membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera sebagaimana diusung Program Bangga Kencana," kata Kustini pada puncak peringatan Harganas dan HAN Kabupaten Sleman, Selasa.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman menyelenggarakan puncak peringatan Harganas Ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) Ke-39 di Pendopo Parasamya, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Baca juga: Wabup Sleman: Orang tua harus monitor pertumbuhan anak cegah stunting

Peringatan Harganas dan HAN ini mengusung tema "Bersama Kampung Keluarga Berkualitas, Kabupaten Sleman Menuju Keluarga Bebas Stunting dan Anak Terlindungi untuk Indonesia Maju".

Bupati Sleman juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh pihak dalam rangka mendukung program-program Kabupaten Layak Anak di Sleman.

"Kontribusi tersebut mengantarkan Kabupaten Sleman dalam meraih penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN serta penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Utama dua tahun berturut-turut," katanya.

Menurut dia, Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana merupakan kunci dalam mengatasi masalah kependudukan termasuk di antaranya stunting.

Baca juga: Sleman serius tekan stunting melalui optimalisasi TPPS kapanewon

"Keberhasilan upaya penurunan angka stunting sangat ditentukan oleh peran keluarga dalam menciptakan perilaku hidup sehat di setiap rumah," katanya.

Pada momentum peringatan Harganas dan HAN ini Kustini juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berupaya menciptakan ekosistem yang mendukung terciptanya Sleman Layak Anak.

Pada pelaksanaan puncak peringatan Harganas dan HAN tahun 2023 Kabupaten Sleman ini juga diselenggarakan talkshow dengan narasumber Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan Wakil Ketua I DPRD Sleman Arif Kurniawan.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sleman ini mengingatkan masyarakat agar memperhatikan beberapa hal dalam penanggulangan stunting.

Baca juga: Bupati Sleman ikut bagikan telor pada kampanye cegah stunting

"Hal yang perlu diperhatikan dalam penanggulangan stunting di antaranya memperhatikan gizi dan nutrisi anak dengan memaksimalkan pola asuh, pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada anak, dan menghindari terjadinya perkawinan usia dini," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023