Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Avalanche Andretti Jake Dennis memiliki peluang untuk merebut gelar juara dunia Formula E perdana jika berhasil memenangkan dua balapan terakhir musim ini di kampung halamannya di London, Inggris, akhir pekan ini.

Dikutip dari keterangan resmi Formula E, Rabu, perjalanan Dennis untuk merebut gelar juara tidak akan mudah, mengingat persaingan bakal berlangsung sengit di akhir musim atau putaran ke-15 dan ke-16.

Selain itu, persaingan juga dipicu oleh pengenalan mobil balap GEN3 generasi ketiga tahun ini yang diklaim sebagai mobil balap listrik tercepat, teringan, paling bertenaga, dan efisien yang pernah dibuat.

Mobil ini telah memecahkan rekor Formula E termasuk lap tercepat dan paling banyak menyalip, pergantian pemimpin, dan pemimpin berbeda dalam balapan.

Hingga saat ini, terdapat tujuh pemenang berbeda yang mewakili enam tim berbeda dengan hanya TAG Heuer Porsche yang menempatkan kedua pebalap mereka sebagai pemenang di musim kesembilan dan sebanyak 11 pebalap berhasil naik podium.

Dennis adalah salah satu pebalap yang dengan cepat menguasai teknologi EV revolusioner mereka dan berjuang untuk supremasi sepanjang musim saat kejuaraan kembali bergulir ke sirkuit-sirkuit unik seperti di Berlin, Mexico City, Diriyah, Jakarta, Monaco, dan Roma.

Pebalap tim Formula E TAG Heuer Porsche Pascal Wehrlein berhasil finis kedua di belakang Dennis dalam debut GEN3 di Mexico City diikuti dengan kemenangan ganda di Diriyah.

Baca juga: Dennis puncaki klasemen sementara usai menangi Formula E Roma

Wehrlein tidak kembali ke podium sampai memenangkan Putaran 10 di Jakarta, tapi poin yang konsisten dalam balapan berikutnya membuatnya tetap berada di puncak.

Lebih lanjut, Nick Cassidy dari Envision Racing mengambil kendali di pertengahan musim dengan mengklaim lima podium dalam enam balapan dari Putaran 4 hingga 9, termasuk kemenangan beruntun di Berlin dan Monako untuk tampil sebagai penantang juara yang kuat.

Sementara itu, Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing memasuki perebutan gelar di Babak 6 di Brazil. Evans mengikuti kesuksesannya di São Paulo dengan kemenangan di balapan pembuka Berlin untuk masuk ke perebutan gelar musim ini.

Di sisi lain, klasemen kejuaraan untuk tim juga terbuka lebar dan tidak tertebak hingga balapan terakhir. Envision Racing memimpin di puncak klasemen dengan 14 poin atas TAG Heuer Porsche, sementara Jaguar TCS Racing berada di posisi ketiga dengan 228 poin.

Sementara itu, Formula E akan kembali ke London pada 28-30 Juli.

Baca juga: Mitch Evans taklukkan Formula E Roma tiga kali berturut-turut
Baca juga: DS PENSKE masih optimistis untuk rebut gelar juara dunia Formula E


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023