Kerja sama ini merupakan salah satu upaya kami mempercepat elektrifikasi transportasi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), menandatangani kerja sama dengan Suzhou Synland Technology Co., Ltd. (Synland), membangun pabrik konversi kendaraan konvensional menggunakan motor bakar (internal combustion engine - ICE) menjadi kendaraan listrik.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya kami mempercepat elektrifikasi transportasi di Indonesia sekaligus menjadi bukti kesungguhan mendukung program pemerintah mencapai target Net Zero Emission tahun 2060," kata Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Suzhou Synland Technology Co., Ltd. (Synland) dari China adalah perusahaan original equipment manufacturer (OEM) tier 0.5, pemasok perusahaan solusi platform listrik dan merupakan bagian dari perusahaan baterai terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL).

Gilarsi mengatakan sistem yang dibangun adalah dari menentukan parts, komponen, power train, controller, wire harness, motor traksi, dan baterai. Komponen tersebut dirancang khusus untuk pasar Indonesia terutama pada konversi seluruh kendaraan ICE menjadi kendaraan listrik (EV).

Pada tahap awal, VKTR dan Synland berfokus mengonversi kendaraan komersial seperti bus dan truk. Berdasarkan data, jumlah kendaraan komersial yang ada saat ini terdapat di jalanan sekitar 1,5 juta unit truk dan 200 ribu unit bus.

 “Melalui skema B-to-B, konversi kendaraan ICE ke EV jauh lebih ekonomis, harganya bisa sampai 50 persen-60 persen dari harga EV baru di kelas yang sama.

Gilarsi menambahkan, Pemerintah Indonesia telah mendorong konversi dari ICE ke EV ini melalui Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2022 Tentang Konversi Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Hal ini menjadi landasan bagi industri untuk mengubah armadanya menjadi EV dengan biaya yang lebih terjangkau.

“Teknologi retrofit atau koversi ini memungkinkan kita untuk memperbanyak kendaraan yang ramah lingkungan dengan biaya yang jauh lebih murah,” kata Gilarsi.

CEO Synland Tom Jiang turut menyambut baik disepakatinya kerja sama ini. “Sebagai perusahaan yang berkomitmen menjadi pemasok energi baru dan solusi sistem otomasi terkemuka, kami yakin mampu memberi kontribusi signifikan terhadap penciptaan energi listrik baru bagi dunia,” ungkap Tom.

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR – dibaca Vektor) adalah perusahaan yang fokus dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia.

Bekerjasama dengan perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia BYD Auto, VKTR kini memulai ekspansi pengembangan fasilitas perakitan melalui kemitraan dengan Tri Sakti untuk memproduksi bus listrik dan truk listrik di Tanah Air.


Baca juga: AEML: Permintaan kendaraan listrik akan kuat bila ekosistem berjalan
Baca juga: Kemenperin gandeng JICA majukan ekosistem industri motor listrik
Baca juga: Luhut sambangi Elon Musk Agustus finalkan investasi ke RI

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023