Satgas ini tugasnya akan menginformasikan kepada warga sekitar bagaimana menjaga dan merawat arsip. Para satgas juga akan diberikan pelatihan untuk enkapsulasi
Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Provinsi Banten telah membentuk Satgas Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) di 13 kecamatan menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yang bertugas menyosialisasikan dan membantu masyarakat terkait layanan menjaga dan merawat arsip.

Kepala DPAD, Engkos Zarkasyi di Tangerang Rabu mengatakan pembentukan Satgas Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) itu dilakukan dengan bekerja sama menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

"Para satgas ini tugasnya akan menginformasikan kepada warga sekitar bagaimana menjaga dan merawat arsip. Para satgas juga akan diberikan pelatihan untuk enkapsulasi," kata Engkos.

Direktur Preservasi ANRI, Agus Santoso mengatakan mengetahui cara penyelamatan arsip sangatlah penting. Terlebih, Indonesia merupakan wilayah yang rawan dengan bencana alam. Lalu, antusias masyarakat Kota Tangerang sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan dan menjadi bagian dari Satgas Laraska.

"Antusiasmenya luar biasa. Beberapa kali saya hadir untuk meresmikan dan memberikan materi untuk Satgas Laraska di Kota Tangerang, dan selalu sama, sangat semangat. Ini menandakan bahwa masyarakat Kota Tangerang sangat peduli dengan pentingnya arsip. Arsip inj sama seperti bayi, maka harus di-'treat' dengan sangat hati-hati," katanya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan dan peresmian Satgas Laraska ini dapat memberikan informasi bagaimana pentingnya arsip di kehidupan.

Dalam tugasnya, diharapkan Satgas Laraska juga dapat memberikan edukasi pada tetangga dan warga sekitar tentang pentingnya merawat arsip dengan baik dan benar.

"Saya harap, masyarakat dapat lebih perhatian dalam merawat dan menyimpan arsip. Arsip ini adalah bagian dokumen penting yang ada dalam kehidupan kita. Lalu, untuk para satgas, dapat menginformasikan dan membantu warga sekitar dalam perawatan dan penyimpanan arsip penting," demikian Agus Santoso.

Baca juga: Kabupaten Tangerang raih Predikat A Pengawasan Kearsipan dari ANRI

Baca juga: ANRI ingatkan masyarakat lindungi arsip vital keluarga

Baca juga: Disbudpar kumpulkan arsip sejarah Banten dari Belanda

Baca juga: ANRI sedia layanan gratis restorasi arsip keluarga bagi korban banjir

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023