Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengusulkan kenaikan bantuan bagi partai politik (parpol) di daerah itu dari Rp7.205 per suara menjadi Rp15.000 per suara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejang Lebong Zulfan Efendi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pemerintah daerah pada tahun 2023 telah menganggarkan dana bantuan untuk 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong sebesar Rp1 miliar lebih.

"Anggaran untuk bantuan parpol tahun 2024 nanti sudah kita usulkan untuk naik menjadi Rp15.000 per suara dari sebelumnya Rp7.205 per suara. Bantuan yang kita berikan saat ini merupakan yang terendah di Bengkulu, daerah lainnya sudah naik sejak lama," kata dia.

Dia menjelaskan usulan kenaikan bantuan parpol tersebut sudah masuk ke tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) guna dimasukkan dalam penyusunan APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2024 nanti.

Ia mengatakan bantuan parpol yang diberikan kepada 10 parpol yang memperoleh kursi di DPRD Rejang Lebongberbeda-beda antar parpol, tergantung perolehan jumlah suara masing-masing, dikalikan Rp7.205 per suara.

Bantuan yang diberikan pemda setempat setiap tahunnya itu, kata dia, peruntukannya sebesar 40 persen untuk operasional partai, dan 60 persen lagi untuk kegiatan pendidikan politik.

Pada penggunaan bantuan parpol itu sendiri pihaknya tidak bisa mengawasi penggunaannya oleh masing-masing parpol, dan cuma bisa memberikan masukan dan koordinasi saja.

"Pengawasannya langsung oleh BPK, dan setiap akhir tahun dilakukan audit, kalau memang ditemukan kejanggalan maka dananya akan kami hentikan," tegas Zulfan.

Sementara itu untuk proses pencairan dana bantuan 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong tahun 2023 sebesar Rp1,016 miliar saat ini sudah 100 persen, dimana penerima terbesar yakni Partai Golkar yang menjadi pemenang Pemilu 2019 di Rejang Lebong dengan perolehan lima kursi sebesar Rp150,4 juta, sedangkan paling kecil diterima Partai Hanura yakni sebesar Rp51,5 juta.
Baca juga: Kediri naikkan bantuan parpol Rp6.000 per suara pada Pemilu 2024
Baca juga: Pemprov Sulsel siap naikkan dana bantuan parpol
Baca juga: Anggaran dana bantuan parpol di Kabupaten Karawang melonjak
Baca juga: Pemprov Kalsel naikkan bantuan bagi parpol jadi Rp5.000 per suara

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023