Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ingin menjadikan Kawasan Pakansari sebagai sentra bisnis seperti Sudirman Centra Business District (SCBD) di Jakarta Selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Bogor, Rabu, menjelaskan bahwa upaya mewujudkan keinginan itu diawali dengan memperbanyak akses menuju Pakansari yang bermuara di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bogor sedang membuka akses baru tepatnya dari sebelah timur stadion hingga menyambung ke Jalan Raya Bogor.

"Itu KSO (Kemitraan/Kerja Sama Operasi) sewa lahan untuk menuju ke PT Dastra. Itu saya belum melihat secara detail, katanya mau buat seperti SCBD semacam sentral bisnis," kata Iwan.

Kemudian, kata dia, sentra bisnis ini tidak hanya dibangun di akses timur Stadion Pakansari, melainkan juga di akses barat stadion yang akan dibangun setelah akses timur terwujud.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pengembangan dan Penelitian (Bappeditbang) Kabupaten Bogor Suryanto Putra di Bogor, menjelaskan jalan akses timur mulai dilakukan penyiapan lahan menggunakan alat berat.

Namun, kata dia, lahan yang digunakan bukannya milik Pemerintah Kabupaten Bogor, melainkan milik beberapa perusahaan yang kemudian diminta membantu agar diberikan kepada Pemkab Bogor untuk dibangunkan jalan.

“Kita belum pastikan untuk panjang jalannya. Untuk pembiayaan juga belum. Baru ada beberapa perusahaan yang bersedia memberikan lahan untuk dibangun jalan akses timur ini,” kata Suryanto.

Selama ini, untuk menuju Stadion Pakansari hanya bisa dari dua penjuru, yakni akses selatan arah Simpang Sentul dan Akses Utara dari Jalan Tegar Beriman atau Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bogor.

"Saat ini ada utara dan selatan. Tapi ke depan akan memiliki akses timur dan barat. Namun, kami terkendala soal pembebasan lahannya," kata Suryanto.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023