Diharapkan para pelaku UMKM ini semakin terlatih mulai dari teknik pemasaran produknya, pengambilan foto maupun video, hingga penulisan.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggandeng JakWifi melatih kemampuan berfoto dan video kepada ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk.

"Kami menggelar Literasi Digital Jakarta Solid bersama JakWifi dengan sub tema teknik pengambilan foto dan video produk untuk di media sosial," kata Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan Sugiono di Jakarta, Rabu.

Sugiono menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi digital Provinsi DKI Jakarta, juga meningkatkan pengetahuan atau teknologi dari para pelaku UMKM.

Diharapkan para pelaku UMKM ini semakin terlatih mulai dari teknik pemasaran produknya, pengambilan foto maupun video, hingga penulisan.

"Kolaborasi antara UMKM, Kominfo, dan masyarakat ini dapat meningkatkan daya publikasi bagi bapak dan ibu sekalian," tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Koperasi UKM Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Jakarta Selatan, Edi Margono menambahkan saat ini konsumen lebih cenderung melakukan transaksi secara daring.

"Sebagai pelaku usaha harus menyesuaikan diri dengan peningkatan kemampuan memanfaatkan media digital sebagai pendukung dalam berusaha," ujar Edi.

Menurut Edi dengan foto atau video produk yang baik, tidak hanya menarik perhatian pelanggan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

"Jika produk yang dijual berpenampilan menarik pastinya hasil akhir adalah peningkatan omset atau penjualan," katanya.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan serta Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 pelaku UMKM secara luring dan daring yang berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tiga Durian, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan melatih puluhan warga setempat agar mahir dalam tata rias sehingga memiliki kemampuan untuk membuka usaha di bidang kecantikan.
Baca juga: Aji mumpung untuk raup untung dari Jakarta Fair Kemayoran
Baca juga: Pelaku UMKM di Jakarta Fair akui banyak dagangan dicuri pengunjung
Baca juga: UMKM di Jakarta Barat bisa urus sertifikasi halal di kecamatan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023