Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Feriyal Sofyan mengatakan pihaknya telah menyetujui program transportasi massal usulan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Dewan sudah oke, dan rencananya sudah dituangkan dalam RPJMD. Dan programnya harus berjalan sesuai RPJMD," kata Feriyal di Gedung DPRD Jakarta, Selasa.

Menurutnya, DPRD DKI dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta hari ini bertemu untuk membicarakan masalah transportasi di Jakarta, tapi tidak hanya soal MRT.

"Pertemuan tadi untuk memperjelas masalah MRT, monorel dan lain-lain," katanya seraya menyatakan hasil pertemuan menyimpulkan program transportasi usungan Jokowi dan Ahok sudah disetujui DPRD.

Feriyal mencontohkan pembangunan monorail yang dirasa memiliki daya tampung yang kecil sehingga akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta karena harus disubsidi.

"Pak gubernur program yang sekarang akan dibangun dengan kapasitas yang jauh lebih besar sehingga beban dari pemerintah daerah untuk memberikan subsidi akan menjadi lebih kecil," katanya.

Feriyal juga menyatakan direksi baru PT MRT yang terbentuk menyusul Rapat Umum Pemegang Saham 22 Maret 2013 lalu tidak akan mengubah kebijakan rencana pembangunan moda transportasi massal di Jakarta.

"Bahkan lanjutan dari HI ke Kampung Bandan agar segera dimulai (dengan Detai Engineering Design), apabila sudah selesai bisa dilanjutkan hingga tahun 2019 tuntas," kata Feriyal.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013