Biak (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor, Papua, menggencarkan sosialisasi budidaya tanaman vanili untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di berbagai kampung.

"Prospek tanaman vanili sangat menguntungkan ke depan sehingga pemerintah mengajak petani di kampung dapat memanfaatkan lahan rumah untuk menanam vanili," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Maap di Biak, Kamis.

Ia mengaku, pihak Dinas Pertanian sudah melakukan sosialisasi menanam vanili dan jenis tanaman sayur mayur kepada masyarakat berbagai kampung.

Bahkan, lanjut dia,  pada program non fisik TMMD ke-117 pihak Dinas Pertanian telah melakukan penyuluhan pertanian menanam vanili di Kampung Mokmer Distrik Biak Kota.

Dia berharap, petani di kampung dapat memanfaatkan potensi budidaya vanili guna mendapatkan penghasilan tambahan setiap keluarga.

"Untuk prospek menanam vanili sangat menjanjikan karena dapat diekspor ke berbagai negara," kata  Immanuel menanggapi program budidaya tanaman vanili.

Sebelumnya, pihak Pangkalan TNI AL Biak sudah memulai kegiatan budidaya tanaman vanili dengan membuka kebun percontohan di areal Mako Lanal Biak.

Kegiatan menanam vanili di Lanal Biak dalam rangka mendukung program ketahanan pangan Nasional di bidang potensi kemaritiman Angkatan Laut.

"Lanal Biak sudah membuka budidaya vanili dengan punya kebun lahan percontohan," ujar Komandan Lanal Biak Kolonel (Mar) Carlos Deda.

Berdasarkan data Dinas Potensi Kemaritiman TNI AL wilayah pesisir pulau Biak punya potensi untuk budidaya tanaman vanili yang berpeluang untuk diekspor.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023