Jakarta (ANTARA) - Indonesia memastikan satu tempat di babak semifinal Japan Open 2023 menyusul Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang akan menghadapi rekan satu negara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di perempat final, Jumat (28/7).

Hendra/Ahsan baru saja berhasil menyusul Fajar/Rian ke babak delapan besar setelah mengalahkan wakil Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae melalui rubber game 12-21, 21-10, 21-19, Kamis.

“Mengucap syukur alhamdulillah bisa melewati pertandingan hari ini dengan kemenangan. Pertandingan yang tidak mudah tapi kami berhasil melewatinya,” kata Ahsan dikutip dari keterangan tertulis PBSI.

Meski sempat kesulitan di gim pertama, pasangan yang akrab disapa The Daddies itu tidak patah semangat dan fokus untuk merebut gim kedua dan memetik kemenangan di gim pamungkas.

“Ketika pindah lapangan di interval gim ketiga, kami lebih berani bermain dengan pola kami. Kami juga lebih berani bertahan maupun menyerang. Lawan pun terlihat kesulitan di sisi lapangan yang kalah angin itu,” ujar Ahsan.

Baca juga: Fajar/Rian langsung maju ke perempat final Japan Open tanpa bertanding

“Di sisi lapangan gim pertama dan awal gim ketiga itu memang kalah angin, sangat terasa, jadi ketika kena serangan pengembalian kami tanggung semua. Apalagi pasangan Korea memiliki power yang cukup kuat. Sedangkan di sisi lapangan satunya sangat enak untuk menyerang,” imbuh Hendra.

Ditanya mengenai persiapan keduanya untuk menghadapi Fajar/Rian, The Daddies mengatakan akan fokus untuk mengembalikan kondisi fisik menjadi prima kembali.

“Kami mau istirahat, mengembalikan kondisi dulu. Besok bersiap lawan Fajar/Rian,” kata Ahsan.

“Kami pastinya tidak mau kalah lawan Fajar/Rian,” imbuh Hendra.

Di sisi lain, Fajar/Rian langsung melaju ke babak perempat final Japan Open 2023, setelah lawan mereka di babak kedua, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark, memutuskan untuk mundur.

Sementara itu, pada babak 16 besar Japan Open 2023, tim Indonesia membawa delapan wakilnya. Di nomor tunggal putra ada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung akan mewakili Indonesia di nomor tunggal putri.

Lalu, di sektor ganda putra selain Fajar/Rian dan The Daddies, ada Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Selanjutnya di nomor ganda putri ada aksi dari Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi. Sementara, Dejan Ferdinansyah/Gloria E Widjaja menjadi satu-satunya wakil Skuad Merah Putih di sektor ganda campuran pada Japan Open 2023.

Baca juga: Bagas/Fikri tuntaskan laga sengit demi maju ke 16 besar Japan Open
Baca juga: Jonatan lolos ke 16 besar Japan Open usai taklukkan wakil Malaysia


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023