Jakarta (ANTARA) - Jonatan Christie melanjutkan perjuangannya pada turnamen Japan Open 2023 dengan melaju ke babak semifinal setelah membungkam Kunlavut Vitidsarn dengan dua gim langsung, Jumat.

Jonatan menundukkan unggulan ketiga asal Thailand itu dengan skor kembar 21-16, 21-16 dalam laga perempat final yang berlangsung di Yoyogi 1st Stadium, Tokyo.

"Pastinya saya belajar dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, hari ini strategi yang disiapkan berjalan dengan lancar dan cukup baik. Saya bermain lebih agresif dan lebih tenang," ujar Jonatan melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta.

Kemenangan yang diraih dalam 44 menit itu turut membawa Jonatan revans atas Kunlavut setelah dikalahkan pada pertemuan sebelumnya di Piala Sudirman 2023, Mei.

Saat itu, unggulan kelima itu dikalahkan Kunlavut pada fase Grup B dengan skor 21-12, 12-21, 20-22. Maka dari itu, kini Jonatan mencatatkan keunggulan 4-3 dalam rekor pertemuannya kontra Kunlavut.

Baca juga: Jonatan ke delapan besar berkat kemenangan perdana atas Weng Hong Yang

Jonatan menceritakan bahwa kondisi fisik dan mentalnya masih terjaga sejauh ini. Hal tersebut didapat berkat persiapan yang berjalan baik setelah memutuskan absen pada ajang BWF Super 500 Korea Open 2023 pekan lalu.

Hasil positifnya adalah Jonatan masih memiliki kadar tenaga yang cukup untuk bermain dalam ritme ketat. Namun tentu saja dengan mengorbankan catatan poin Race to Olympic.

"Absen di Korea Open ada plus minusnya saya rasa. Plusnya persiapan menjadi lebih lama, tenaga juga bisa difokuskan ke sini. Sedangkan minusnya, saya tidak dapat poin," ungkap Jonatan.

Pada babak empat besar turnamen BWF Super 500 kali ini di Tokyo, Jonatan akan berhadapan dengan wakil India Lakshya Sen.

Secara terbuka Jonatan mengaku belum punya persiapan spesifik untuk meladeni pebulu tangkis tunggal putra peringkat ke-13 dunia itu.

"Besok lawan Lakshya Sen, nikmati dulu pertandingan itu. Tidak perlu memikirkan sebelah ada siapa dulu, yang penting berusaha yang terbaik dan sekarang mau cepat istirahat," pungkas atlet yang akrab disapa Jojo itu.

Baca juga: Fajar/Rian menangi laga perempat final kontra The Daddies
Baca juga: Ana/Tiwi butuh peningkatan kualitas usai kandas di Japan Open 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023