Jakarta (ANTARA) - Kemenangan perdana yang diraih tunggal putra Jonatan Christie atas pebulu tangkis China, Weng Hong Yang, mengantarnya ke babak perempat final Japan Open 2023 di Tokyo, Kamis.

Jonatan akhirnya mencatatkan skor pertemuan 1-2 dari Weng melalu kemenangan dua gim langsung 21-15, 21-14 yang diraih dalam pertandingan yang berlangsung di Yoyogi 1st Stadium.

"Puji Tuhan bisa bermain cukup baik dan senang dengan kemenangan pertama saya melawan Weng Hong Yang, setelah dua pertemuan sebelumnya belum berhasil," ungkap Jonatan melalui informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Pebulu tangkis peringkat ke-9 itu mengaku sangat senang dengan hasil positif hari ini. Tak hanya bisa memenangi pertandingan, tapi ia juga puas karena bisa bermain sesuai dengan rencana yang sudah ia susun.

"Tapi lebih dari itu, saya senang karena bisa menerapkan dan mengeluarkan strategi sesuai dengan yang direncanakan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Dejan/Gloria alihkan fokus pada pemulihan jelang Australia Open

Pebulu tangkis jebolan klub PB Tangkas itu menceritakan kunci kemenangannya pada laga yang menjadi pertemuan ketiganya kontra Weng. Menurut Jonatan, ia memberikan tekanan pada lawannya sejak awal pertandingan.

"Saya terus mencoba menekan dia, lebih berani melakukan serangan dibandingkan dua pertemuan sebelumnya. Saya tidak membiarkan dia untuk berkembang," ujar Jonatan.

Tak hanya itu, pelatih juga memberikan motivasi dan arahan agar jangan kalah berani dari lawan dan percaya diri sejak memasuki lapangan.

"Pelatih berpesan untuk tidak kalah auranya di lapangan. Jadi tadi saat masuk lapangan saya sudah benar-benar sudah siap," katanya.

Kenyataan bahwa Jonatan menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang melaju hingga perempat final, tak membuatnya merasa terbebani.

Bagi Jonatan, ia lebih fokus untuk mendulang poin sebanyak mungkin sebagai bagian kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Sekarang yang terpenting bagi saya adalah perolehan poin. Di beberapa turnamen sebelumnya saya merasa poin yang saya dapat kurang jadi sebisa mungkin di sini dapat banyak poin," pungkasnya.

Baca juga: Bagas/Fikri fokus pemulihan cedera usai 16 besar Japan Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023