Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana mengatakan akan fokus pada pemulihan cedera setelah melakoni babak 16 besar Japan Open 2023, Kamis.

Langkah Bagas/Fikri harus terhenti usai kalah dari unggulan keempat asal Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik melalui dua gim langsung 12-21, 10-21 pada laga yang digelar di Stadion Yoyogi Jepang tersebut.

Bagas, dalam keterangan tertulis PBSI, mengaku telah mengalami sakit di pangkal paha sejak babak pertama turnamen BWF dengan level Super 750 itu.

“Saya mengalami sakit di pangkal paha sejak kemarin setelah pertandingan babak pertama. Sudah coba ditangani dan diterapi tapi tidak bisa langsung sembuh. Melangkah saja sulit rasanya,” ungkap Bagas.

“Sebenarnya saya ingin mengulangi penampilan kemarin karena saya merasa sudah enak mainnya tapi sakit ini cukup mengganggu performa,” ujarnya menambahkan.

Untuk itu, lanjut dia, fokus pemulihan akan ia lakukan agar bisa tampil lebih baik pada turnamen berikutnya yaitu Australia Open pada awal Agustus mendatang.

“Sekarang saya ingin fokus memulihkan dan menyembuhkan cederanya. Semoga sudah bisa 100 persen saat main di Australia pekan depan,” kata Bagas.

Baca juga: Bagas/Fikri tuntaskan laga sengit demi maju ke 16 besar Japan Open

Sependapat, Fikri menambahkan pertandingan melawan Chia/Soh ia nilai berat karena kondisi fisik rekannya yang tidak sepenuhnya sehat.

“Hari ini pertandingan yang sulit buat kami. Selain lawan yang memang mempunyai kualitas sangat baik, partner saya Bagas juga dalam keadaan tidak fit. Ini menjadi pelajaran buat saya bagaimana harus meng-cover saat partner cedera,” ujar Fikri.

Sementara itu, pada babak 16 besar Japan Open 2023, tim Indonesia membawa delapan wakilnya. Di nomor tunggal putra ada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung akan mewakili Indonesia di nomor tunggal putri.

Lalu, di sektor ganda putra selain Bagas/Fikri, ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang akan bertemu di babak perempat final dan dengan ini Indonesia memastikan satu tiket di babak semifinal Japan Open.

Selanjutnya, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menyusul langkah The Daddies dan Fajar/Rian ke babak delapan besar.

Lebih lanjut, ada juga Dejan Ferdinansyah/Gloria E Widjaja menjadi satu-satunya wakil Skuad Merah Putih di sektor ganda campuran pada Japan Open 2023.

Baca juga: Ganda putra Indonesia pastikan satu tempat di semifinal Japan Open
Baca juga: Fajar/Rian langsung maju ke perempat final Japan Open tanpa bertanding


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023