Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (Himapol UBB) mengeratkan kerja sama pengawasan tahapan Pemilu 2024.

"Kami hari ini melakukan diskusi bersama dengan membahas berbagai perkembangan yang terjadi dalam tahapan pemilu, secara garis besar kami sudah sampaikan berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan Bawaslu Babel," kata Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Babel Roy M Siagian di Pangkalpinang, Kamis.

Selain itu, kata dia, Bawaslu juga menyampaikan beberapa tahapan yang sudah, sedang dan akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan yang diharapkan para mahasiswa bisa ikut berperan aktif dalam pengawasan tahapan tersebut.

"Dalam setiap tahapan pemilu sudah kami sampaikan, baik dari sisi sumber daya manusia maupun teknis fasilitasi pengawasan yang telah dilakukan hingga saat ini," katanya.

Menurut dia, pada tahun 2024 Bawaslu Babel tidak hanya fokus kepada pemilu nasional, namun ada perhelatan pesta demokrasi yang tidak kalah penting, yaitu juga pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Kesiapan pada sisi sumber daya manusia, Bawaslu Babel telah melakukan rekrutmen pengawas pemilu adhoc, dan secara teknis juga sudah melakukan pengawasan melekat pada setiap tahapan pemilu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan dan Peraturan Bawaslu yang berlaku.

"Kami tidak hanya melakukan pengawasan secara berjenjang, namun juga melakukan pemantauan dan pembinaan kepada jajaran di bawah secara berjenjang dan juga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait," katanya.

Beberapa hal teknis terkait kendala dan langkah-langkah yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Babel dalam pengawasan tahapan pemilu juga selalu didiskusikan bersama agar bisa segera ditemukan jalan keluar yang baik dan sesuai aturan yang ada.

"Kami telah melakukan diskusi dengan Himapol UBB terkait beberapa permasalahan yang ada, pada pertemuan ini kami juga menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan. Kami berharap kawan-kawan Himapol UBB bisa bekerja sama untuk bersama-sama melakukan pengawasan seluruh tahapan pemilu," katanya.

Sejumlah hal yang telah disampaikan Roy Siagian tersebut mendapatkan tanggapan positif Ketua Himapol UBB Affis.

Menurut dia sebagai mahasiswa yang menekuni ilmu politik merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam pelaksanaan pemilu.

"Berdasarkan data, ada Pemilu 2024 akan banyak pemilih dari Generasi Z seperti kami sehingga kami mempunyai itikad baik untuk turut menyukseskan pesta demokrasi ini. Bagi kami yang belajar politik ingin mengubah orientasi pemikiran pemuda-pemudi untuk menjadi subjek politik yaitu mempunyai peran bukan hanya menjadi objek," kata Affis.
Baca juga: Universitas Bangka Belitung gagas gerakan mahasiswa gemar menulis
Baca juga: Bawaslu Babel jelajah pengawasan pemilu di Bangka
Baca juga: Bawaslu ingatkan warga tidak tergiur politik uang

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023