Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara mengatakan Asian Games yang tertunda satu tahun karena COVID-19 di China akan menjadi yang terbesar yang pernah ada, sementara kota tuan rumah Hangzhou meningkatkan persiapan menjelang upacara pembukaan pada September.

Asian Games Hangzhou dijadwalkan berlangsung pada September 2022 tetapi ditunda satu tahun karena kebijakan nol-Covid yang ketat di China.

Lebih dari 12.500 atlet dari 45 negara dan wilayah telah mendaftar, dengan pejabat penyelenggara Ding Jiong mengatakan, seperti disiarkan AFP, Kamis, bahwa Hangzhou akan menjadi tuan rumah "Asian Games dengan atlet terbanyak dalam sejarah."

Ajang tersebut -- salah satu acara olahraga terbesar di dunia -- akan diadakan di 56 arena pertandingan, dengan para atlet tinggal di Kampung Asian Games yang dilengkapi dengan layanan transportasi dan pusat media.

Delegasi dari seluruh wilayah akan bersaing memperebutkan medali di 40 cabang olahraga termasuk cabang olahraga baru seperti breakdance dan esports.

Baca juga: Timnas sepak bola putra Indonesia tergabung di grup F Asian Games 2022

Penyelenggara sebelumnya mengakui ada "banyak kesulitan" tetapi mengatakan bahwa arena pertandingan sudah siap dan persiapan sudah di tahap akhir.

"Kami percaya kami memiliki kemampuan untuk berkontribusi pada dunia... Asian Games yang luar biasa dengan karakteristik China dan bakat Asia," kata pejabat penyelenggara Zhu Qinan.

Lewat laman resmi Hangzhou 2022, Kamis, Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou HAGOC mengungkapkan bahwa jumlah atlet yang akan hadir memecahkan rekor sebelumnya yakni 11.300 atlet dalam Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Indonesia pada 2018.

Angka tersebut didapat HAGOC dari nama entri gelombang ketiga dan terakhir yang masuk pada Sabtu, 15 Juli 2023.

HAGOC mengungkapkan bahwa bahwa jumlah tim dari enam delegasi NOC, yakni China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, dan Hong Kong melebihi 600 atlet.

Penyelenggara juga mencatat bahwa atletik menjadi olahraga paling populer dengan diikuti 43 NOC.

Sebelas cabang olahraga, termasuk tinju, akuatik, menembak, angkat besi, dan esports, telah menarik lebih dari 30 NOC.

Fakta menarik lainnya yang diungkap HAGOC adalah cabang olahraga dengan jumlah atlet terbanyak yang diikutsertakan adalah sepak bola.

Sebelas cabang olahraga, termasuk atletik, akuatik, dan anggar, memiliki lebih dari 300 atlet terdaftar.

Baca juga: Diananda Choirunisa ungkap persiapan Kejuaraan Dunia dan Olimpiade

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023