Kuala Lumpur (ANTARA) - Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus Hong Kong Republik Rakyat China (HKSAR) John Lee dan delegasi yang dipimpinnya menggunakan pesawat Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional RI, saat melakukan lawatan kerja ke Malaysia.

Country Manager Malaysia PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Fredrik Kasiepo di Kuala Lumpur, Jumat, mengatakan sempat menyambut kedatangan Pimpinan Hong Kong dan delegasinya tersebut di depan pintu pesawat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada Kamis (27/7) siang.

John Lee dan delegasi dari Hong Kong menggunakan pesawat milik maskapai BUMN dengan nomor penerbangan GA820 dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta pulul 08.30 WIB dan mendarat KLIA pada pukul 11.50 waktu setempat.

Menurut dia, sekitar 30 orang delegasi dari Hong Kong melakukan penerbangan dengan Garuda dan diterima oleh Wakil Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Malaysia Nor'Azam Mohd Idrus dan Wakil Ketua Upacara Pemerintah Malaysia Ahmad Moktar Shalul Hamid setibanya di KLIA.
Baca juga: Garuda aktifkan kembali rute internasional yang sempat ditutup

Lawatan ini menjadi kunjungan pertamanya ke negara tersebut sejak menjadi Kepala Eksekutif HKSAR pada 2022.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus Hong Kong Republik Rakyat China John Lee melakukan kunjungan kerja di Jakarta untuk mempromosikan peluang bisnis demi pertumbuhan bersama dan mengonsolidasikan persahabatan kuat antara Indonesia dengan Hong Kong.

Tahun lalu, perdagangan barang antara Indonesia dan Hong Kong tumbuh 12 persen dengan mencapai 5,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp86 triliun.
Baca juga: Garuda Indonesia Kuala Lumpur tetap beri layanan saat Idul Adha 2023

Menurut dia, Hong Kong adalah sumber investasi asing langsung terbesar ketiga di Indonesia.

Lee bersama delegasinya yang terdiri dari pimpinan industri terkemuka dan lima pejabat paling senior di pemerintahannya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (25/7).

Kepada Jokowi, Lee mengatakan Hong Kong bertekad untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, mulai dari perdagangan, investasi, keuangan, inovasi dan teknologi, serta budaya dan pariwisata.

Baca juga: Garuda sediakan 11.300 kursi dukung pariwisata Indonesia

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023