Pelaksanaan ESG dalam perusahaan dapat meningkatkan investasi. ESG perlu sejalan dengan transisi energi
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) memperkuat aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (environment, social, governance/ESG) sebagai wujud keberlanjutan perusahaan antara lain dengan mengembangkan program pendanaan yang melekat pada ESG secara langsung.

"ESG menjadi isu utama di semua level perusahaan, holding, subholding, manajemen atas, menengah maupun dasar. Jadi tidak hanya meng-achieve berapa rating-nya, tapi bagaimana ESG ini bisa melekat ke tiap-tiap fungsi, struktur, masuk ke KPI (Key Performance Indicator) pegawai, unit. Kita buat ESG sebagai sarana capai tujuan perusahaan," kata Imam Mutaqien, Vice President ESG & Safeguard PLN, dalam diskusi bertema "Maximizing Proper Achievements for Increasing ESG Ratings" yang digelar Energy And Mining Editor Society (E2S) di Jakarta, Jumat.

Imam mengungkapkan PLN akan mengembangkan pendanaan yang mengkaitkan ESG dalam kriteria persyaratannya. Saat ini PLN belum mempunyai pendanaan yang melekat pada ESG secara langsung.

"Tapi sedang kami kembangkan, namanya sustainable linked loan,” ujarnya.

Dia mencontohkan dalam ESG ada KPI untuk menurunkan emisi sekian. Bila tercapai, bunganya jadi sekian, kalau tidak tercapai penalti.

“Dengan kita meningkatkan kinerja ESG dan kita publikasikan dan bilang ke investor bahwa kita melakukan itu, mereka (investor) semakin tertarik untuk datang berdiskusi dengan kita. Akhir tahun lalu, ada green loan 600 juta dolar AS yang telah PLN bukukan dengan beberapa sindikasi bank," ungkap Imam.

Imam menjelaskan sejak dibentuk Divisi ESG & Safeguard, banyak pihak perbankan yang mengundang PLN untuk mempresentasikan ESG. Menurut dia, secara praktik bukan sesuatu yang baru di PLN dalam hal efisiensi energi, tanggung jawab sosial (CSR), maupun pengolahan mangrove. Namun demikian, selama ini hal-hal tersebut cenderung belum terukur.

"Ketika sudah ada KPI, pekerjaannya pun harus terukur. Tidak hanya sekali jadi, dan tahun depan selesai, itu tidak sustain. Makanya sekarang kita bikin sustain," ujar Imam.

PLN telah menetapkan 12 KPI ESG, yang terus dipantau setiap bulan. Guna mencapai KPI tersebut, ada ESG breakthrough.

"KPI kami coba petakan berdasarkan penilaian dari lembaga rating, ternyata bisa kami tingkatkan untuk naikkan ESG rating kami. Sebagian besar ini adalah indikator ataupun penilaian Proper," kata Imam.

Pembicara lain, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, Prof M.Fani Cahyandito menyampaikan bahwa perusahaan yang tidak melakukan ESG akan dianggap perusahaan yang tertinggal. Pasalnya, saat ini para investor sudah memperhatikan soal ESG. Banyak penelitian yang mengaitkan ESG dan kinerja keuangan.

"Investor semakin tersadarkan bahwa perusahaan yang stabil, bisa beroperasi, karyawan produktif adalah perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Lebih stabil juga perusahaan yang memperhatikan masyarakat. Ini adalah perusahaan yang dipandang lebih punya kelanjutan dibanding yang tidak punya ESG," ujar Fani.

Sementara itu, Plt Sekjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana mengatakan ESG telah menjadi standar seluruh dunia untuk wujudkan pembangunan berkelanjutan. Meskipun diakuinya bahwa implementasi pelaksanaan ESG di Indonesia masih rendah.

"Pelaksanaan ESG dalam perusahaan dapat meningkatkan investasi. ESG perlu sejalan dengan transisi energi," katanya.

Baca juga: PLN Indonesia Power menginisiasi Megaproyek Hijaunesiadan Hydronesia
Baca juga: Pertemuan menteri lingkungan hidup G20 bahas pendanaan berkelanjutan
Baca juga: Menakar pendanaan hijau di Indonesia sebagai agenda penting G20

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023