Jika data terlambat untuk disampaikan, maka data itu sama saja dengan sampah.
Medan (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut) menggelar supervisi layanan teknologi informasi (TI) dan training of trainer (ToT) jajarannya, untuk memastikan digitalisasi memberi kemudahan dan keamanan dalam proses bisnis organisasi, pusat data dan TI.

"Bagaimana pentingnya pelaksanaan transformasi digital yang telah dilakukan bagi organisasi," kata Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi, dalam keterangan, di Medan, Jumat.

Imam menyebutkan khususnya di Kanwil Kemenkumham Sumut yang memiliki 51 satuan kerja dan lokasinya berjauhan, digitalisasi ini bisa mempermudah alur komunikasi dan proses bisnis organisasi.

Terlebih khusus dalam pertukaran data antara unit kerja yang satu dengan yang lainnya. Dengan terlaksananya transformasi digital, pertukaran data tersebut bisa berlangsung dengan lebih cepat, yang bisa mempermudah pimpinan di dalam membuat keputusan-keputusan

"Jika data terlambat untuk disampaikan, maka data itu sama saja dengan sampah," ujarnya pula.

Ia mengatakan pula, digitalisasi ini sangat penting bagi organisasi. Tentunya pertukaran data dalam jaringan harus tetap mempertimbangkan keamanan dari data tersebut.

"Keamanan data ini tidak hanya menjadi tugas dari para pengelola teknologi informasi, tetapi juga tugas dari seluruh individu yang ada di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM," katanya lagi.

Kakanwil menambahkan untuk memastikan keamanan data tersebut serta pelaksanaan transformasi digital memberikan manfaat yang dituju bagi organisasi, maka Tim Pusat Data dan Teknologi Informasi hadir di Kanwil Kemenkumham Sumut untuk melakukan Supervisi Layanan Teknologi Informasi dan Training of Trainer (ToT).

"Akan ada empat topik yang disampaikan pada kegiatan kali ini, yaitu Ekspose Aplikasi Persuratan Elektronnik Versi Baru, Email Dinas, TTE, dan Bandwidth, ToT Secure Computer User, ToT Laman UPT, dan Evaluasi SPBE," ujar Zulfahmi, Koordinator Standardisasi dan Kerja sama Teknologi Informasi.
Baca juga: Kemenkumham Sumut fasilitasi 22 warga India dari kapal karam di Nias
Baca juga: Kemenkumham Sumut kerja sama dengan DJKI gelar Mobile Intelektual

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023