Jakarta (ANTARA) - Setelah pencapaian bombastis dari Raffi Ahmad yang memecahkan rekor penjualan live streaming belum lama ini dan pengumuman pindah lapak jualan streaming dari dr. Richard Lee, bertambah satu lagi kabar dari Ruben Onsu.

Dikenal masyarakat luas sebagai figur publik, kesuksesan Ruben Onsu di bidang industri hiburan sebagai pembawa acara televisi Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Ruben juga melebarkan sayapnya di bidang usaha lain, seperti kuliner dengan bisnis Ayam Geprek Bensu dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, tentu Ruben tidak berhenti sampai situ saja, ia selalu mencari ide dan cara baru untuk terus mengembangkan bisnisnya, serta mencari cuan dan keuntungan yang lebih besar, termasuk di antaranya dengan live streaming berjualan.

Kini, menyusul Raffi Ahmad dan dr. Richard Lee, giliran Ruben yang memutuskan untuk menambah lapak jualan streamingnya ke Shopee Live. Melihat keseruan rekan-rekan artisnya yang telah merasakan keuntungan dan promo yang bombastis, Ruben semakin semangat dan memilih menambah lapak live streamingnya ke Shopee Live.

Pengalamannya yang telah sering melakukan livestream bersama keluarga dan timnya, membuat Ruben semakin jeli untuk mencari tahu lapak dengan kesempatan omzet yang lebih besar.

Kemudahan interaksi dengan pengguna dan followersnya membuat Ruben suka dan memutuskan untuk mengadakan live streamingnya secara rutin.

Dengan hadirnya banyak promo, tentu menjadi jaminan yang mendorong lebih banyak pengguna untuk berbelanja. Maka dari itu, Ruben akan mengadakan live streaming di Shopee Live secara rutin hampir setiap hari yang dimulai pada tanggal 31 Juli mendatang melalui akun tokonya @bensmarket_official dengan promo fantastis yaitu Shopee Live, Semua Diskon 50%.
Ruben akan mengadakan live streaming di Shopee Live secara rutin hampir setiap hari yang dimulai pada tanggal 31 Juli mendatang melalui akun tokonya @bensmarket_official dengan promo fantastis yaitu Shopee Live. (ANTARA/HO)



Spesial sepanjang live streaming nanti, pengguna dapat belanja di Shopee Live dan menemukan beragam produk yang lengkap dan paling murah pada jam 8 - 10 malam.

Produk favorit dari berbagai kategori, baik fashion dan beauty bisa pengguna dapatkan dan juga menikmati potongan harga besar-besaran. Tentu akan banyak kejutan yang dihadirkan Ruben maupun artis lainnya seperti Raffi Ahmad, dr. Richard Lee, dan Sarwendah bersama Shopee Live.

Sepertinya kesuksesan yang dicapai pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale, di mana Raffi memecahkan rekor live streaming dengan total transaksi 7 Miliar memiliki efek domino yang luar biasa. Santernya berita tersebut tidak hanya menggemparkan dunia live streaming, tetapi juga membuat deretan artis melirik lapak di Shopee Live.

Sebagai sosok yang dapat disebut sebagai pebisnis ulung, tentunya Ruben ikut mengamati perkembangan live shopping yang saat ini kerap menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, pengamatan tersebut juga meliputi kondisi pasar khususnya terhadap fitur live streaming yang menjadi favorit saat ini untuk berbelanja, guna memperkuat strategi dan memanfaatkan peluang agar semakin cuan.

Lantas, seperti apakah sebetulnya kondisi pasar untuk fitur live streaming shopping di Indonesia tahun ini?

Saat ini live streaming shopping merupakan magnet kuat untuk banyak pihak. Cara belanja baru yang interaktif memberi keuntungan bagi penjual untuk lebih dekat dengan konsumen, menghadirkan keseruan dan kesempatan untuk mengetahui lebih detil mengenai sebuah produk bagi pembeli dan membuka peluang baru bagi streamer dan deretan selebriti.

Shopee masih terus mempertahankan posisi di peta persaingan e-commerce di Indonesia, jauh melampaui TikTok Shop. Sebagai pemain baru, TikTok Shop pun belum bisa mengejar ketertinggalannya.

Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTokShop.

Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping.

Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling disukai (66%), jauh melampaui para pesaingnya, seperti pemain baru TikTok Live (28%). Hal ini selaras dengan paparan data dimana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%), jauh melampaui para pesaing lainnya seperti TikTok Live dengan persentase 30%.

Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.

Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar. (ANTARA/HO)


Dengan preferensi penawaran menarik yang masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia, dapat disimpulkan Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.

Melihat data-data tersebut, sepertinya dasar ini lah yang menjadi dorongan bagi Ruben Onsu untuk memutuskan memfokuskan live streaming dengan akun @bensmarket_official di Shopee Live mulai tanggal 31 Juli nanti. Siapa lagi ya artis yang akan menambah lapak jualan streamingnya ke Shopee Live?

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023