Chengdu (ANTARA) - Berikut ini adalah profil latar belakang Pesta Olahraga Universitas Sedunia (Universiade) Musim Panas FISU ke-31 di Chengdu.

Waktu dan tempat 
Universiade Musim Panas FISU ke-31 dijadwalkan berlangsung dari 28 Juli hingga 8 Agustus di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China barat daya. Chengdu menjadi kota ketiga di China Daratan yang terpilih sebagai tuan rumah Universiade Musim Panas yang digelar setiap dua tahun tersebut, setelah Beijing pada 2001 dan Shenzhen pada 2011.

Upacara pembukaan pesta olahraga itu akan berlangsung di Taman Olahraga Danau Dong'an pada Jumat (28/7) malam waktu setempat.
 
Foto yang diambil pada 8 Juni 2023 menunjukkan nyala api World University Games di Bandara Internasional Chengdu Tianfu di Chengdu, Provinsi Sichuan, China barat daya. (Xinhua/Wangxi)



Slogan - "Chengdu Makes Dreams Come True" (Chengdu Membuat Mimpi Menjadi Kenyataan).

Maskot - Seekor panda bernama Rongbao akan menjadi maskot Universiade kali ini. Rongbao digambarkan memiliki obor di tangannya. Fitur wajah Rongbao juga menyerupai gaya riasan yang digunakan dalam opera tradisional Sichuan.

Logo - Bagian utama dari logo Universiade kali ini diambil dari huruf "U", yang senada dengan logo FISU. Logo ini juga mengambil inspirasi dari burung kolibri sepah raja (sunbird), yang merupakan simbol kebudayaan Sichuan kuno dan melambangkan keinginan serta tekad kuat manusia untuk menjadi lebih baik.
 
China mengumumkan delegasinya untuk FISU World University Games ke-31 yang akan diadakan di Chengdu pada 12 Juni. (Xinhua/Yan Linyun)



Cabang olahraga - Universiade Chengdu akan menghadirkan 269 pertandingan di 18 cabang olahraga (cabor), termasuk 15 cabor wajib, yaitu panahan, senam artistik, atletik, bulu tangkis, bola basket, loncat indah, anggar, judo, senam ritmik, renang, tenis meja, taekwondo, tenis, bola voli, dan polo air, serta tiga cabor pilihan yang dipilih oleh tuan rumah, yaitu dayung, menembak, dan Wushu.
 
Foto udara yang diambil pada 19 April 2023 ini memperlihatkan stadion untuk upacara pembukaan Chengdu Universiade dan arena olahraga lainnya di Dong'an Lake Sports Park di Chengdu, Provinsi Sichuan, China barat daya.(Xinhua/Shen Bohan)

 


Obor dan Estafet Obor - Api obor tersebut kemudian dibawa ke Beijing pada 10 Juni untuk estafet obor yang melibatkan lima kota, yaitu Beijing, Harbin yang merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang, Shenzhen, Chongqing, dan Yibin di Provinsi Sichuan.

Diambil dari singkatan Chengdu "Rong", nama obor Universiade Chengdu "Ronghuo" juga menyiratkan "integrasi" dan "inklusivitas" dalam bahasa Mandarin.

Sisi depan obor menampilkan gambar seekor panda raksasa, dengan bagian atas memadukan lambang Kota Chengdu, yaitu "Matahari dan Burung Abadi," dan sisi sampingnya tampak menyerupai Patung Perunggu Tegak dari Reruntuhan Sanxingdui. Api di atas obor membentuk angka "31" yang menandakan edisi ke-31 dari Universiade kali ini.

Setelah api obor diambil di Turin, Italia, kota tuan rumah Universiade FISU pertama, upacara peluncuran estafet obor untuk Universiade Musim Panas FISU ke-31 digelar di Bandar Udara Internasional Tianfu Chengdu pada 8 Juni lalu.

Api obor akan kembali ke Chengdu dan menyalakan kaldron utama Universiade saat ajang itu dibuka secara resmi pada 28 Juli.
 
Sebuah foto yang diambil pada 16 Juli 2023 menunjukkan apartemen para delegasi di Desa Universiade, Chengdu, Provinsi Sichuan, China barat daya. (Xinhua/Xu Bingjie)



Venue - Pertandingan dalam Universiade Chengdu akan diadakan di 27 venue kompetisi, yang merupakan gabungan dari bangunan baru dan bangunan yang sudah ada.

Terletak di kampus Universitas Chengdu, Kampung Atlet Universiade Universitas Chengdu menjadi kampung atlet pertama yang berbasis di kampus universitas sejak peresmian Universiade Musim Panas FISU.

Kampung atlet tersebut dapat menampung sekitar 11.000 orang. Dilengkapi dengan fasilitas canggih, kampung atlet itu menawarkan layanan terbaik dalam hal katering, kebugaran, perdagangan, rekreasi, dan pertukaran budaya, termasuk layanan bus otonomos dan layanan penerjemahan berbasis AI terbaru.

Kontingen China - Kontingen China untuk Universiade Chengdu terdiri dari 700 lebih anggota, termasuk 411 atlet dari 100 lebih universitas di seantero negara itu, yang akan bertanding di semua cabang olahraga.

Usia rata-rata para atlet dalam kontingen tersebut adalah 22,9 tahun. Di antara 206 atlet putra dan 205 atlet putri, 387 orang akan memulai debut mereka di Universiade Chengdu. Sebanyak 344 atlet mewakili China untuk pertama kalinya dalam ajang olahraga internasional multicabang, dan 34 atlet pernah berpartisipasi di Olimpiade. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023