Merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pelaksanaannya di negeri orang. Memperoleh nilai tertinggi. Ini hadiah terindah untuk ulang tahun Indonesia yang ke-76 dan hadiah untuk ulang tahun Kemenaker
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pencapaian Indonesia yang menjadi juara umum dalam perhelatan Worldskills ASEAN ke-13 2023 merupakan kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

"Merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pelaksanaannya di negeri orang. Memperoleh nilai tertinggi. Ini hadiah terindah untuk ulang tahun Indonesia yang ke-76 dan hadiah untuk ulang tahun Kemenaker," katanya dalam acara "Penyambutan dan Apresiasi Delegasi RI 13th Worldskills ASEAN Singapore", di Jakarta, Sabtu.

Pihaknya pun mengucapkan selamat kepada para kompetitor yang telah berhasil memenangkan kompetisi ini.

Menaker berharap kompetisi ini dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi para kompetitor untuk lebih meningkatkan kompetensi mereka.

Ida Fauziyah mengatakan untuk memberikan penghargaan atas keberhasilan di ajang internasional ini, kompetitor dan expert akan mendapat insentif dari pemerintah berupa uang tunai, yakni bagi peraih medali emas sebesar Rp25 juta, peraih medali perak Rp20 juta, peraih medali perunggu Rp15 juta, serta peraih medallion of excellence (diploma) Rp12,5 juta.

"Hari ini kami menyerahkan penghargaan kepada delegasi Indonesia pada ajang Worldskills ASEAN ke-13. Penghargaan ini diberikan setelah Indonesia berhasil menjadi juara umum di ajang kompetisi ini, Alhamdulillah," katanya.

Selain itu, semua kompetitor akan mendapat sertifikat partisipasi dari Singapura sebagai negara penyelenggara acara.

"Pencapaian ini merupakan jerih payah para kompetitor dan usaha para expert yang telah mempersiapkan kompetitor dengan keterampilan terbaik, serta dukungan dari para pimpinan training center dan pihak sponsor," katanya.

Perhelatan Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura merupakan ajang kompetisi bagi talenta-talenta muda dari negara-negara ASEAN.

Di ajang ini, Indonesia memperoleh 27 medali dengan rincian 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu, dan 2 medallion of excellence (diploma).

Dengan hasil tersebut, membuat Indonesia keluar sebagai juara umum di Worldskills ASEAN ke-13 2023.

Baca juga: Indonesia juara umum The 13th Worldskills ASEAN 2023

Baca juga: Kemenaker harapkan UU Pesantren mudahkan santri akses dunia kerja

Baca juga: ILO Indonesia dukung pengawasan ketenagakerjaan di sektor perikanan

Baca juga: Menaker lepas keberangkatan 21 perawat sektor formal ke Singapura

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023