Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mendorong sinergi antaranggota negara G20 untuk mengurangi risiko bencana dan perubahan iklim regional dan global.

"Upaya membangun dialog yang kuat antarpemangku kebijakan di negara-negara G20 sangat diperlukan selain untuk meningkatkan pemahaman bersama, juga mewujudkan sinergitas dalam menghadapi tantangan dan mengatasi isu-isu yang berkembang dalam pengurangan risiko bencana, termasuk isu perubahan iklim pada tingkat regional maupun global secara inklusif," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan hal itu dalam pertemuan ke-3 Kelompok Kerja Pengurangan Risiko Bencana (DRR Working Group) di Chennai, Tamil Nadu, India.

Ia mengatakan resiliensi yang berkelanjutan merupakan konsep yang diusung Indonesia untuk dapat diimplementasikan oleh negara-negara G20.

Baca juga: BNPB: Bangun perilaku tangguh bencana mulai dari diri sendiri

Pihaknya menambahkan konsep ini telah menjawab tantangan risiko sistemik dalam menghadapi semua jenis bencana termasuk pandemi serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Indonesia juga mempromosikan risk pooling fund sebagai salah satu alternatif mekanisme dalam kerangka pembiayaan kebencanaan selain model-model pembiayaan lain yang dapat diupayakan oleh negara-negara G20, terutama negara berkembang yang memiliki tingkat kerentanan tinggi terhadap bencana yang disebabkan oleh faktor alam, termasuk perubahan iklim.

Atas nama Pemerintah Indonesia, Raditya Jati menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah India atas Presidensi G20 dan kepada 20 negara anggota G20 atas kerja keras dalam penyusunan zero draft communique.

Ia berharap pernyataan bersama DRR Working Group atau komunike akan menjadi dasar bagi negara-negara G20 untuk melanjutkan pembahasan berbagai agenda Presidensi G20 hingga puncaknya pada deklarasi para pimpinan negara anggota G20 dalam Konferensi Tingkat Tinggi pada September 2023.

Baca juga: BNPB dorong literasi sejarah bencana Indonesia dari Ambon
Baca juga: BNPB: Indonesia berkomitmen besar dalam penanganan bencana

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023