Uang kertas berasal dari cadangan logistik dari Bank Sentral Eropa, yang disimpan oleh Bundesbank,"
Frankfurt (ANTARA News) - Bank sentral Jerman atau Bundesbank menyatakan telah memasok mitranya di Siprus dengan uang kertas (banknote) ketika bank-bank pulau itu dibuka kembali pada Kamis, setelah penutupan selama 12-hari yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Uang kertas berasal dari cadangan logistik dari Bank Sentral Eropa, yang disimpan oleh Bundesbank," seorang juru bicara bank sentral Jerman mengatakan kepada AFP.

Seorang juru bicara ECB juga menegaskan informasi tersebut.

Menurut harian bisnis Handelsblatt, uang kertas senilai lima miliar euro (6,4 miliar dolar AS) diterbangkan ke Siprus dalam sebuah pesawat jet Lufthansa.

Laporan media lain menempatkan jumlah antara 1,5-5,0 miliar euro.

Baik Bundesbank maupun ECB bersedia mengkonfirmasi angka tersebut, namun tidak menyangkal salah satu dari kedua angka tersebut.

Sumber-sumber keuangan mengatakan kepada AFP bahwa jumlah itu kurang dari 5,0 miliar euro.

Uang kertas euro tidak dicetak dan disediakan oleh ECB di Frankfurt, tetapi oleh bank-bank sentral nasional berbeda yang membentuk sistem euro tersebut. Tetapi sejumlah bank sentral dipasok oleh bank sentral lainnya, seperti halnya untuk Siprus.

Siprus tetap tenang saat bank-bank dibuka kembali pada Kamis, setelah hampir dua minggu ditutup, dengan kontrol modal yang ketat menghentikan para nasabah dari menguras uang mereka di pulau itu setelah kesepkatan dana talangan zona euro.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013