Mari kita manfaatkan teknologi digital untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan kita bersama.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Lombok Muharram Festival dalam rangka sosialisasi pemanfaatan digitalisasi kepada masyarakat.

"Mari kita manfaatkan teknologi digital untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan kita bersama," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah H Muhammad saat membuka acara tersebut, di Lapangan Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Minggu.

Lombok Muharram Festival ini digelar oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan daerah serta pemerintah desa.

"Banyak kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan bagaimana mengedukasi masyarakat menggunakan literasi digital," katanya.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi saat ini terus meningkat, sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk kegiatan positif atau yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

"Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Kalau tidak dilaksanakan dari sekarang kita bisa terbelakang," katanya pula.

Teknologi internet saat ini cukup membantu masyarakat dalam berkomunikasi maupun melakukan transaksi jual beli. Salah satu contoh kecil, yakni masyarakat bisa membeli makanan dengan menggunakan aplikasi di HP cukup dari rumah.

Selain itu, teknologi ini bisa mempercepat pelayanan dan komunikasi masyarakat dengan yang lainnya.

"Apa pun kebutuhan masyarakat saat ini bisa didapatkan dengan COD," katanya lagi.

Pada 2045 ke depannya akan ada pasar bebas, dimana semua warga dari berbagai negara boleh melakukan usaha dan mereka pasti memanfaatkan teknologi digital.

"Mulai sekarang kita harus bisa memanfaatkan digitalisasi tersebut," kata dia.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi itu dengan kegiatan positif, sehingga tidak kebablasan dalam menggunakan digitalisasi tersebut.

Karena, teknologi itu tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti bisnis, ekonomi, promosi, pengembangan usaha, dan pendidikan.

"Yang penting juga waspada terhadap adanya informasi hoaks maupun informasi yang dapat merugikan kita sendiri. Program yang digelar ini untuk mendukung aktivitas produktif masyarakat di Lombok Tengah khususnya," katanya.
​​​​​​
Acara tersebut dimeriahkan juga oleh penampilan Band Kerispatih dan Tami Aulia serta pengajian dari penceramah asal NTB.
Baca juga: Kemenkop UKM siap kolaborasikan IN2MOTIONFEST-Festival Fesyen Lombok
Baca juga: Saat ribuan warga Sukarara Lombok Tengah menenun massal

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023