Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyemangati pebulu tangkis Jonatan Christie setelah dikalahkan atlet Denmark Viktor Axelsen pada final Japan Open 2023 di Yoyogi Stadium, Jepang, Minggu (30/7).

"Jojo tetap semangat ya! Perjuangan kamu dan Tim Badminton Indonesia telah membawa harum Merah Putih. Terus semangat dan sukses untuk kejuaraan berikutnya di Australia Open 2023 mendatang," kata Heri melalui sambungan panggilan video menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (30/7).

Jojo, panggilan Jonatan Christie, yang didampingi Coach Irfansyah mengucapkan terima kasih kepada Heri dan KBRI Tokyo atas dukungan yang mereka berikan kepadanya.

Satu-satu nya wakil Indonesia dalam partai final itu gagal menjuarai turnamen ini setelah ditundukkan unggulan pertama Viktor Axelsen dengan 7-21, 18-21 sehingga terpaksa menjadi runner-up.

Baca juga: KBRI Tokyo dukung atlet berlaga di Japan Open 2023

Sebelumnya, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia peringkat 8 dunia, Gregoria Mariska Tunjung kandas 21-13, 19-21 dan 9-21 di tangan He Bing Jao dari China setelah bertarung selama 60 menit.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian juga gagal ke final setelah ganda putra ranking satu dunia itu menyerah kepada pasangan China Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin, dengan 19-21, 10-21.

Indonesia dipastikan tidak meraih satu pun gelar dalam Japan Open 2023.

Di antara pendukung Indonesia yang hadir di dalam stadion untuk menyaksikan partai final adalah Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Diplomat Muda KBRI Tokyo Mukti Romadona, dan pilot Garuda Indonesia bernama Muhammad Rifqi.

Baca juga: Tiga mahasiswa Indonesia di Jepang raih beasiswa AEON

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023