Wakil rakyat punya hak melakukan pengawasan terhadap suatu proses awal hingga akhir suatu pekerjaan, karena uang yang dipakai untuk membangun itu uang rakyat, dan ini sekaligus tanggung jawab moral anggota Dewan terhadap masyarakat juga,"
Tanjung Redeb (ANTARA News) - Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau Kalimantan Timur meminta DPRD setempat lebih berperan aktif dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi melalui pengawasan ketat dalam penentuan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa.

"Wakil rakyat punya hak melakukan pengawasan terhadap suatu proses awal hingga akhir suatu pekerjaan, karena uang yang dipakai untuk membangun itu uang rakyat, dan ini sekaligus tanggung jawab moral anggota Dewan terhadap masyarakat juga," kata Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Rudy Hartawan SH MH, Kamis (28/3).

Pada saat mengetok palu persetujuan anggaran, katanya, peran anggota Dewan bisa langsung melakukan pengawasan terhadap proses sebuah proyek yang bakal dikerjakan, sampai pekerjaan itu diserahkan kepada pemerintah.

Namun yang tak kalah pentingnya, lanjut Rudy, jika dalam proses pengadaan barang dan jasa tersebut ada tidak keberesan, anggota Dewan juga mempunyai tanggung jawab moral kepada institusi terkait, dalam hal ini penegak hukum.

Hal tersebut, katanya, agar uang masyarakat yang dikumpulkan selama ini digunakan tepat sasaran dan kualitas sesuai harapan masyarakat juga.

Oleh sebab itu, kata orang nomor satu di Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb ini, pihaknya sekali lagi berharap peran serta anggota Dewan dalam memberantas tindak pidana korupsi sebagai tanggung jawab moral kepada aparat penegak hukum dapat ditunjukkan.

"Jadi tidak cukup hanya memberikan apresiasi kepada penegak hukum, tetapi juga harus bisa memberikan informasi yang berbau tindak pidana korupsi. Karena ini bagian tanggung jawab anggota Dewan selaku wakil rakyat," katanya.

Dikatakannya, pemberantasan tindak pidana korupsi ini bukan semata-mata tanggung jawab aparat penegak hukum, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

"Jadi tidak ada salahnya kalau Kejaksaan berharap anggota Dewan mau bekerja sama, untuk memberantas korupsi di daerah yang kita cintai ini," katanya.

(KR-HDA/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013